Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Event Ekonomi Kreatif Sepanjang 2023 di Indonesia

Event Ekonomi Kreatif Sepanjang 2023 di Indonesia

0

Sepanjang tahun dan hampir setiap bulan, di Indonesia selalu ada event-event dari berbagai subsektor ekonomi kreatif yang rutin digelar. Mulai dari acara musik, pertunjukan seni, fesyen, hingga pameran produk kriya menjadi daya tarik wisatawan nusantara hingga mancanegara untuk datang berkunjung.

Tak perlu takut kehabisan event, dari pertengahan tahun hingga akhir tahun 2023, Indonesia masih menyimpan banyak event-event sektor ekonomi kreatif skala nasional dan internasional yang bakal digelar. Sobat Parekraf bisa mencatat beberapa event yang menampilkan produk-produk dari industri kreatif Indonesia di bawah ini, agar tidak ketinggalan kemeriahannya:

ARTJOG 2023

Salah satu event sektor ekonomi kreatif yang paling ditunggu di bulan Juni 2023 adalah ARTJOG. Sebuah pameran yang menggabung beberapa subsektor ekonomi kreatif: seni rupa, seni pertunjukan, kriya, hingga musik ini akan digelar dari tanggal 30 Juni hingga 27 Agustus 2023 di Jogja National Museum, dengan mengusung tema “Motif: Lamaran”. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ARTJOG 2023 selalu menaungi para seniman lintas generasi dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari seniman anak hingga seniman muda dan senior, bisa memamerkan produk atau karya originalnya, namun dengan proses seleksi yang ketat. ARTJOG 2023 juga menghadirkan acara lain yang tak kalah menarik. Mulai dari tur kuratorial, pertemuan dengan seniman, peluncuran buku, lokakarya, hingga kegiatan untuk anak-anak. 

BACA JUGA: Jadwal Konser dan Festival Musik Sepanjang 2023 di Indonesia

Jakarta Fair

Bulan Juni menjadi bulan yang paling ditunggu masyarakat Jakarta. Pasalnya, pada bulan Juni hingga Juli selalu rutin digelar pameran produk-produk ekonomi kreatif terbesar, terlama, dan terlengkap se-Asia Tenggara, yakni Jakarta Fair. Event ini digelar dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni.

Tahun ini, Jakarta Fair 2023 akan digelar dari tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair 2023 akan menampilkan berbagai produk dari industri kreatif Indonesia, yang dibalut dengan entertainment selama pameran berlangsung. Mulai dari pesta kembang api, parade, pertunjukan kesenian, hingga konser dari para musisi top Indonesia. 

Indonesia Comic Con

Bagi Sobat Parekraf yang menyukai budaya populer, seperti komik dan gim, Indonesia Comic Con seakan menjadi “surga” bagi para pecinta budaya populer. Event sektor ekonomi kreatif ini akan diselenggarakan pada 23-25 Juni 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B, Jakarta Pusat.

Sama seperti event-event lainnya, Indonesia Comic Con menggabungkan beberapa subsektor ekonomi kreatif, seperti subsektor pengembang permainan; penerbitan; aplikasi; hingga film, animasi dan video. Di Indonesia Comic Con Sobat Parekraf akan menemukan berbagai budaya populer, mulai dari komik, cosplay, action figure, hingga rilisan gim-gim terbaru.

BACA JUGA: Jayanya Superhero Lokal Indonesia, dari Komik ke Film   

Foto: Menjelaskan dan memperkenalkan motif kain batik dari berbagai daerah di Indonesia (Shutterstock/Gerdie Hutomo)

Indo Leather & Footwear

Event sektor ekonomi kreatif yang tak kalah menarik dikunjungi adalah Indo Leather & Footwear. Event ini akan dilaksanakan pada 3-5 Agustus 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran subsektor fesyen bertaraf internasional ini akan menampilkan produk-produk dari para pengrajin kulit terbaik di Indonesia. 

Pameran ini akan diikuti oleh 110 peserta dengan target 5.000 pengunjung dari beberapa negera, seperti China, Hongkong, dan India. Dalam event industri kreatif ini Sobat Parekraf akan menemukan produk fesyen pria dan wanita. Mulai dari sepatu, jaket kulit, aksesori berbahan kulit, hingga melihat langsung teknologi cara pembuatan sepatu kulit.

INACRAFT

Disebut sebagai pameran ekonomi kreatif subsektor kriya terbesar di Indonesia, tahun ini INACRAFT digelar sebanyak dua kali. Pertama pada Maret lalu, dan akan datang pada 2-6 Oktober 2023 di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta dengan mengusung tema “From Smart Village to Global Market”.

INACRAFT atau International Handicraft Trade Fair adalah pameran kriya terbesar di Asia Tenggara, yang menghadirkan produk ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia. Mulai dari kain batik, tenun, aksesori, sepatu, hingga furnitur rumah tangga.

KUSTOMFEST

Bagi pecinta modifikasi pasti sudah tidak asing dengan event yang menampilkan deretan motor dan mobil-mobil keren satu ini: KUSTOMFEST. Event tahunan salah satu festival custom culture terbesar di Indonesia ini akan digelar pada tanggal 7-8 Oktober 2023 di Jogja Expo Center Hall.

KUSTOMFEST merupakan event kolaborasi antara subsektor pertunjukan musik dengan seluruh pelaku industri kreatif custom culture Indonesia dan global. Salah satu misi dari KUSTOMFEST adalah sebagai “mesin” penggerak lahirnya generasi dan karya baru yang menjadi identitas custom culture di Indonesia.

Konser Coldplay

Event ekonomi kreatif subsektor musik paling ditunggu-tunggu tahun ini adalah konser Coldplay di Jakarta. Rencananya konser ini akan diselenggarakan pada tanggal 13 November 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). 

Untuk pertama kalinya, Chris Martin cs memasukkan Indonesia ke dalam salah satu negara yang dikunjungi dalam rangkaian tur dunia bertajuk, “Music of the Spheres World Tour 2023”. Hal ini pun disambut antusiasme para penggemar musik Indonesia. Terbukti, tiket konser Coldplay sold out dalam waktu kurang dari 1,5 jam!

Diharapkan, dengan banyaknya event-event sektor ekonomi kreatif berskala internasional di Indonesia, dapat membantu tercapainya target 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara, 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara, dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru.

BACA JUGA: Konser Coldplay Perkuat Jakarta sebagai Destinasi MICE Terbaik di ASIA 

Cover: Explanatory Performance by Nanik Indarti di ARTJOG MMXXII (artjog.id)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 12 Juni 2023
14092
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif