Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
7
Bagikan

Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata

Keberadaan Politeknik Pariwisata Palembang menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat di Sumatera Selatan. Salah satu mahasiswanya, Felicia Anggraini mengungkapkan alasan memilih Poltekpar Palembang. “Karena kebetulan sudah punya interest dan passion di bidang perhotelan. Jadi saya langsung daftar dan kemarin kebetulan saya gak ikutan yang SBMPTN tapi ikut lewat jalur mandiri lihat dari instagramnya,” ujar Feli. Hal ini dikatakannya dalam sebuah acara talkshow yang diadakan oleh RRI Pro2 Palembang. Direktur Poltekpar Palembang, Dr. Anwari Masatip, MM.Par, juga hadir dalam acara tersebut.

Feli, yang saat ini berada di semester 6, menjelaskan bahwa salah satu manfaat besar dari Poltekpar Palembang adalah kesempatan untuk bisa diwisuda langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Pak Sandiaga Uno. Acara wisuda tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2021.

Feli menjelaskan bahwa program studi yang ia ikuti, yaitu divisi kamar, memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan. “Saya diajarkan berbagai bidang, termasuk front office, housekeeping, laundry, serta keterampilan butler dan florist yang memberikan pengalaman menyenangkan,” ujar Feli.

Salah satu kesan seru yang diungkapkan oleh Feli adalah adanya kunjungan industri atau field trip yang dilakukan setiap semester, mulai dari semester 1 hingga semester 3. “Dari semester 1 hingga semester 3, kita diajak lihat industri secara langsung, secara dekat. Dan yang serunya kita gak hanya di Palembang saja, kita bisa ke luar kota bahkan ada yang sampai ke Bali, ujar Feli berbagi kesan serunya selama di Poltekpar Palembang.

Sementara itu, Anwari Masatip mengatakan Poltekpar Palembang telah hadir sejak tahun 2016 dan menjadi salah satu kampus perguruan tinggi vokasi pariwisata pertama di daerah Sumatera Selatan.

Poltekpar merupakan lembaga pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah dan mendapat subsidi dari negara. “Jadi kebutuhan anak-anak semua, segala kebutuhan mereka berangkat kesana pada saat field trip sudah difasilitasi negara. Anak-anak cukup bawa baju dan badan saja, dan programnya mau ngapain tinggal langsung berangkat,” ujar Anwar.

Prospek kerja di industri pariwisata sangat luas, apalagi bagi mahasiswa yang mengambil program studi di divisi kamar seperti Feli. “Jadi nggak berpatok ke hotel aja, ke hotel bisa, ke airlines bisa, ingin jadi pramugari atau pramugara itu bisa banget. Pokoknya bisa kemana-mana selama itu hospitality atau memberi jasa, karena kita diajarkan dari basic di divisi kamar mulai dari kita merespon tamu, dan melayani tamu,” ujar Feli ketika ditanya oleh RRI Pro2 Palembang.

“Hampir semua prodi harus mengetahui sikap dan perilaku yang berkaitan dengan dunia pariwisata dan hospitality,” kata Anwar. Oleh karena itu, mahasiswa diberikan pelajaran tentang psikologi pelayanan yang meliputi pelatihan perilaku dengan lebih dari 53 gerakan tata cara dalam komunikasi nonverbal maupun verbal. Mahasiswa juga akan mendapatkan pelajaran tata rias dan grooming, di mana standar penampilan yang baik dijunjung tinggi di kampus.

Salah satu alasan kuat untuk memilih Poltekpar Palembang adalah karena kampus ini diawasi langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Poltekpar Palembang memberikan dukungan penuh kepada mahasiswanya dalam pengembangan skill dan pengetahuan. Jika seorang mahasiswa memiliki bakat dan kemampuan khusus, pihak kampus dan program studi akan memberikan dukungan yang maksimal untuk mengikuti berbagai kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan berbagai keunggulan dan kesempatan yang ditawarkan, Poltekpar Palembang menjadi pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa yang ingin membangun karir di industri pariwisata.

Kemenparekraf / Baparekraf
Humas Poltekpar PalembangKamis, 3 Agustus 2023
1288

Artikel Terkait

Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar LombokRabu, 2 Agustus 2023
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
Belajar Attitude dan Mengembangkan Skill? Di Poltekpar Palembang Aja.
Belajar Attitude dan Mengembangkan Skill? Di Poltekpar Palembang Aja.
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif