Alasan saya kerja di dunia perhotelan? Karena menyenangkan!
0
Bagikan

Alasan saya kerja di dunia perhotelan? Karena menyenangkan!

“Saya Novi Samodro, saya dulu di Poltekpar Bandung dan jurusan saya Bakery and Pastry Production masuk di tahun 1988. Saya lulus tahun 1990, saya tidak bergerak di bidang hotel, karena waktu berkuliah di bidang Pastry dan itu sekitar tahun 90an itu belum seperti sekarang yang sudah banyak formulanya atau jika ingin membuat roti sudah ada alatnya atau bisa melihat resepnya di internet. Sedangkan dulu kami membuat roti benar benar dari nol. Setelah lulus saya berpikir untuk tidak bekerja di dunia perhotelan, jadi saya kerja di bank. Kenapa saya bisa diterima di bank walaupun saya lulusan perhotelan? Karena itu bahasa inggris, jadi kembali lagi di tahun 90an belum banyak orang yang bisa berbahasa Inggris sementara kita di perhotelan sudah bisa dibilang sudah cukup banyak yang dapat berbahasa Inggris.

 

“Satu tahun di bank, ternyata enggak banget ya kayaknya, dan memang bukan saya banget. Akhirnya saya dapat kesempatan, karena pada saat saya kuliah di jurusan Bakery and Pastry Production itu hanya 2 tahun, dan itu memang programnya. Satu tahun kerja di bank saya mendapatkan kesempatan untuk mengambil Manajemen Perhotelan di Amerika. Satu tahun saya ke Amerika untuk mengambil program manajemen perhotelan, baru saya sehabis itu kembali lagi ke perhotelan tetapi sudah tidak di dapur lagi.”

 

“Saya memulai karir saya sebagai guest relation di hotel yang berada di Bali namanya Bali Cliff yang sekarang sudah tidak ada lagi. Setelah itu saya ke Shangri-La, grand opening di tahun 1994 dan setelah itu all the way, dan kebetulan sudah di sales. Dari guest relation di hotel Bali satu tahun, dan saya pindah ke sales lagi dan itu masih di Bali. Dari event, catering, dan paling lama di event, sales, baru tahun 2011 saya pindah ke Dharmawangsa Hotel.”

 

“Saya sebelumnya 6 tahun di Four Seasons, kalau untuk chain hotel sebenarnya hampir semua chain hotel saya sudah pernah. Dari Shangri-La, saya ke Intercon, lalu ke Hilton, Four Seasons, baru saya ke Dharmawangsa tahun 2011. Pada saat saya di Dharmangwangsa sebagai Director of Sales and Marketing. Total 9 tahun di Dharmawangsa termasuk 3 tahun terakhir menjadi General Manager, sampai akhirnya saya pindah ke Bandung di The Gaia Hotel Bandung, di The Gaia Bandung ini sudah masuk tahun ketiga.”

 

“Saya datang dari hotelnya masih bener-bener bebatuan hingga sampai sekarang hotelnya sendiri buka, dan masuk tahun kedua. Saya sebagai General Manager Hotel di The Gaia Hotel. Alasan saya dari bank bisa balik lagi ke dunia perhotelan, karena saya melihat passion yang berbeda. 2 tahun saya berkuliah di dunia perhotelan saya merasakan perputaran yang sangat cepat. Waktu saya mencoba melipir ke bidang yang lain, setiap hari saya ngeliatin jam, seperti jam 5 kok lama banget ya, sedangkan waktu di hotel apalagi waktu jaman saya waktu kerja di dapur tiba-tiba sudah sore, dan disuruh pulang.”

 

“Poltekpar nomor 1. Memang kita kuliah tidak hanya sekedar kuliah, disana mereka tidak hanya sekedar mengajak tetapi mereka membangun karakter, dan juga sudah membangun generasi leader di Poltekpar dengan disiplinnya yang luar biasa. Poltekpar itu siap kerja, karena dimasa kita kuliah pun kita sudah ada job training yang kita lakukan di luar  kampus, job training di hotel dan dari situ kita sudah belajar bekerja. Pengalaman saya juga pada saat saya sedang job training itu banyak juga dilirik oleh perusahaan tersebut jika kinerja kita baik. Jadi setelah lulus tidak perlu kemana mana bisa langsung kerja ditempat. Jadi bisa dibilang 99% lulusan Poltekpar pasti langsung kerja, tetapi tergantung dari kita, kitanya juga mau apa tidak. Tapi jika kita bicara soal teori, memang sangat potensi mendapatkan pekerjaan.”

 

“Saran saya yang ingin memasuki dunia perkuliahan, satu lihat minat dan bakat, ikuti passion. Memang yang udah dari hati kita itu senangnya apa langsung diikuti.  Jangan takut mencoba, lihat juga pada saat kita memutuskan ke Poltekpar misalnya kita lihat alumni-alumni nya seberapa sukses mereka, itulah yang harus diperhatikan.”

 

“Kalau ingin cepat kerja atau berwirausaha, kuliah? di Poltekpar saja.”

Novi Samodro (2).jpg
Kemenparekraf / Baparekraf
Humas Poltekpar NHI BandungSabtu, 3 Juni 2023
2248

Artikel Terkait

Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangKamis, 3 Agustus 2023
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar LombokRabu, 2 Agustus 2023
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif