Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Destinasi Wisata yang Nyaman untuk WFA di Indonesia

Destinasi Wisata yang Nyaman untuk WFA di Indonesia

0

Saat ini pemerintah sedang menyiapkan sistem kerja Work From Anywhere (WFA), alias bekerja dari mana saja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Harapannya, wacana WFA untuk ASN dapat meningkatkan efektivitas sekaligus kinerja dalam bekerja. 

Munculnya wacana WFA sebenarnya bukan hal baru, mengingat pandemi memunculkan tren bekerja dari mana saja. Sebelum muncul wacana WFA bagi ASN, sudah banyak perusahaan swasta yang lebih dulu menerapkan sistem bekerja dari mana saja secara permanen. 

Meski begitu, terkadang banyak pekerja yang merasa jenuh apabila harus bekerja di tempat yang sama setiap saat. Tapi tenang, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang nyaman untuk dijadikan tempat bekerja, sekaligus dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Berikut beberapa destinasi wisata yang nyaman untuk WFA di Indonesia:

Bali

Sebanyak apapun pekerjaan yang dimiliki, pastikan menyempatkan waktu untuk liburan. Tidak perlu mengambil cuti, Sobat Parekraf bisa liburan dengan tenang sambil bekerja dari Ubud.

Ubud identik dengan pemandangan hijau, dijamin dapat menyegarkan mata kembali setelah seharian menghadap layar laptop. Supaya lebih nyaman dan fokus bekerja, Sobat Parekraf bisa menyewa vila di sekitar Ubud yang dikelilingi dengan pepohonan, hamparan sawah hijau, hembusan angin sepoi-sepoi yang menenangkan.

Yogyakarta

Selain cocok buat liburan, Yogyakarta turut menjadi tempat yang nyaman untuk WFA. Tidak hanya di kafe kekinian, Yogyakarta memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menenangkan, guna meningkatkan fokus dan produktivitas kerja.

Apabila Sobat Parekraf ingin bekerja di tempat yang sejuk, maka Kaliurang adalah tempat WFA yang disarankan. Namun, apabila ingin bekerja dengan pemandangan laut jernih layaknya di Bali, tidak ada salahnya memilih Gunung Kidul yang memiliki banyak pantai pasir putih yang memukau.

Ilustrasi Jalan Braga Kota Bandung, terdapat coworking space atau kafe yang dapat dipilih sebagai destinasi workcation. (Foto: shutterstock/sonyherdiana).

Bandung

Destinasi workcation yang tidak jauh dari Jakarta adalah Bandung. Selain bekerja di coworking space atau kafe yang ada di Jalan Braga, Bandung juga punya banyak destinasi wisata yang menawarkan pemandangan dan suasana pegunungan yang masih sangat asri.

Satu daerah yang cocok untuk bekerja, liburan, sekaligus healing di Bandung adalah Lembang. Selain memiliki suasana yang masih sangat asri, Lembang juga dikenal dengan udaranya yang sejuk dan menyegarkan sehingga bisa bekerja lebih nyaman.

Salatiga

Dijuluki sebagai Kota Terindah di Jawa Tengah, tidak heran jika Salatiga kerap menjadi incaran wisatawan untuk berlibur. Identik dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah, menjadikan Salatiga sebagai tempat yang nyaman untuk bekerja dengan tenang.

Salah satu destinasi wisata yang cocok untuk WFA di Salatiga adalah Desa Wisata Kopeng. Di sini terdapat banyak kafe yang menyuguhkan pemandangan Gunung Merbabu, sehingga membuat beban pekerjaan terasa lebih “ringan”.

Malang

Disebut sebagai kota sejuta pesona, sangat masuk akal jika Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk liburan sekaligus menyenangkan untuk bekerja. Apabila ingin “kabur” dari pusat kota, Sobat Parekraf bisa WFA di Kota Batu. 

Kota Batu menawarkan keindahan yang dapat menunjang produktivitas kerja, karena dikelilingi pegunungan dan bukit yang indah. Tidak perlu khawatir kalau banyak pekerjaan yang harus diselesaikan selama seharian, pasalnya Sobat Parekraf tetap bisa mengunjungi Batu Night Spectacular yang buka hingga tengah malam.

Labuan Bajo

Selain Work From Bali, Labuan Bajo turut menjadi destinasi wisata yang sangat cocok untuk WFA. Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, salah satu destinasi super prioritas ini sudah dilengkapi dengan penginapan dan fasilitas yang mendukung kegiatan bekerja secara online

Setelah selesai bekerja, Sobat Parekraf bisa langsung mengunjungi tempat wisata yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Waecicu, yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang eksotis.

Jadi, Sobat Parekraf mau WFA di mana, nih?

Foto Cover: Ilustrasi Work From Anywhere (WFA), bekerja di pinggir pantai sembari menikmati kelapa muda dan keindahan alam Indonesia. (shutterstock/photosunnydays).

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 27 Juni 2022
1438
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif