Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Berbagai Festival Seru di Karisma Event Nusantara Mei 2024

Berbagai Festival Seru di Karisma Event Nusantara Mei 2024

0

Sebuah festival dan event budaya bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke suatu daerah. Di Indonesia sendiri hampir setiap minggu selalu ada event-event yang menarik untuk disaksikan secara langsung, seperti beberapa event dan festival yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) di bulan Mei 2024 ini.

Hampir semua festival KEN 2024 menjadikan sejarah, budaya, serta tradisi asli leluhur sebagai salah satu daya tarik utamanya. Namun, budaya dan tradisi tersebut dibalut dengan kreativitas dan berbagai inovasi, sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan untuk datang menyaksikan langsung. Berikut adalah event dan festival budaya yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara Mei 2024:

Festival Pesona Aekhula

Termasuk salah satu event dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang digelar bulan Mei, Festival Pesona Aekhula merupakan event tahun yang digelar di Kabupaten Nias Barat, Sumatra Utara. Digelar pada tanggal 7-12 Mei 2024, Festival Pesona Aekhula diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi bagi seni pertunjukkan kebudayaan daerah, pemberdayaan masyarakat lokal, sekaligus sebagai daya tarik dan atraksi wisata di Nias Barat.

Kata Aekhula sendiri memiliki arti “barat”, arah matahari terbenam yang merujuk pada posisi geografis Kabupaten Nias Barat di ujung barat Pulau Nias. Mengusung tema “The Energy of Aekhula” yang menggambarkan harapan bahwa festival tersebut membawa dampak positif terhadap masyarakat, membangkitkan ekonomi kreatif, serta mendorong kreativitas dan inovasi pelaku industri kreatif lokal.

Festival Pesona Aekhula 2024 akan menghadirkan ragam acara, seperti ritual budaya leluhur, Aekhula manari, Aekhula voice, peragaan berbasis budaya, lomba permainan tradisional, festival kuliner, pameran kerajinan tangan, konser artis lokal dan nasional, serta tari maena kolosal. 

Noken Street Fashion

Sebagai tas tradisional, kehadiran noken tidak bisa dipisahkan dari keseharian masyarakat Papua Pegunungan. Tas tradisional yang terbuat dari serat kayu ini kerap digunakan mama-mama di Papua untuk membawa belanjaan dengan meletakkannya di kepala. Namun, kini noken tak sebatas tas tradisional, dibalut kreativitas dan inovasi sekarang ada banyak produk fesyen yang terbuat dari serat kayu seperti noken, hal ini bisa Sobat Parekraf lihat dari event Noken Street Fashion.

Digelar 15-16 Mei 2024, Noken Street Fashion merupakan ajang kreativitas dan kreasi para desainer mode lokal dalam menampilkan karya mode mereka, biasanya berupa baju, tas, aksesoris wanita seperti jepit rambut, topi, anting, hingga gelang berbahan serat kayu maupun bahan alami lainnya.

BACA JUGA: Lagu Sajojo dari Papua, Lagu Cinta dengan Musik yang Energik 

Gelar Melayu Serumpun

Memasuki tahun ke-6, Gelar Melayu Serumpun merupakan salah satu event tahunan yang rutin digelar di Kota Medan. Event ini akan digelar selama empat hari berturut, yakni pada 16-19 Mei 2024 di Istana Maimun. Mengusung tema “Takkan Hilang Melayu di Bumi”, Gelar Melayu Serumpun bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan adat istiadat dan budaya Melayu yang kaya akan nilai warisan sejarah, budaya, seni, dan tradisi yang mengutamakan sopan santun. 

Nilai-nilai tradisi tersebut dikenalkan dengan balutan festival yang menarik, sehingga masyarakat lintas generasi tertarik untuk menontonnya secara langsung. Gelar Melayu Serumpun menghadirkan berbagai pertunjukan, mulai dari tarian kesenian Melayu, parade tari kolosal, komedi tunggal, hiburan musik artis lokal dan ibu kota, parade busana nuansa Melayu, berbalas pantun Melayu, hingga pameran produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) lokal.

Foto: Pertunjukan tarian budaya dalam Festival Isen Mulang (Shutterstock/DH Saragih)

Festival Budaya Isen Mulang 

Sudah rutin digelar sejak 1993, Festival Budaya Isen Mulang selalu masuk dalam jajaran Karisma Event Nusantara. Tahun ini, Festival Budaya Isen Mulang akan digelar pada 18-23 Mei 2024, dan merupakan rangkaian dari HUT Kalimantan Tengah. Maka tak heran kalau festival ini akan diisi beragam atraksi budaya khas Kalimantan Tengah yang dibalut dengan kreativitas.

Salah satu daya tarik dari Festival Budaya Isen Mulang adalah parade perahu hias yang diikuti berbagai perwakilan dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Selain itu, ada sekitar 19 ajang perlombaan yang akan digelar, di antaranya karnaval pawai budaya, jagau bawi nyai pariwisata Kalteng, malamang, mangenta, panginan sukup simpan, hingga vokal grup lagu daerah.

BACA JUGA: 6 Desa Wisata di Kalimantan: Punya Daya Tarik yang Khas 

Gelar Budaya Hari Nelayan 

Masyarakat Pelabuhanratu juga memiliki salah satu festival budaya yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara 2024, yakni Gelar Budaya Hari Nelayan yang akan digelar pada 21 Mei 2024. Sebuah kegiatan dan pertunjukan yang diadakan di pesisir Palabuhanratu dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya dan adat tradisional masyarakat setempat.

Acara inti dari Gelar Budaya Hari Nelayan diisi dengan upacara adat dan upacara laut, serta karnaval dan gelar budaya. Selain itu ada pula beberapa aktivitas masyarakat pesisir Palabuhanratu yang turut ditampilkan sebagai daya tarik festival ini, seperti lomba mancing tradisional Babalang dan perlombaan olahraga tradisional.

Festival Pesona Kebangsaan

Sebagai Kota Pancasila, Kabupaten Ende memiliki salah satu event unggulan yang masuk dalam jajaran Karisma Event Nusantara 2024, yakni Festival Pesona Kebangsaan. Sesuai namanya, festival ini digelar untuk memperingati peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya tapak tilas masa pengasingan Bung Karno di Ende, hingga merumuskan Pancasila.

Mengangkat tema “Soekarno dan Pancasila” Festival Pesona Kebangsaan akan digelar pada 29-31 Mei 2024. Secara garis besar, festival ini akan diisi tapak tilas Warisan Sejarah Soekarno di Kota Ende, namun dengan cara yang menarik. Seperti Parade Laut dan Parade Darat untuk menyinggahi berbagai warisan sejarah Bung Karno, dengan rute yang disinggahi adalah Pelabuhan Soekarno, Kantor Polisi Militer, Rumah Pengasingan Soekarno, Serambi Soekarno, Makam Ibu Amsi, dan Taman Renungan Pancasila.

Jadi, itulah beberapa event dan festival budaya yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara Mei 2024. Sudah siap luangkan waktu untuk menonton yang mana, nih, Sob?

BACA JUGA: Wisata di Ende, Kota Pancasila yang Memesona 

Cover: Tarian khas Melayu dalam festival budaya Gelar Melayu Serumpun (Shutterstock/wonderfulimages)


Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 9 Mei 2024
5449
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif