Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Jadwal Konser dan Festival Musik Sepanjang 2023 di Indonesia

Jadwal Konser dan Festival Musik Sepanjang 2023 di Indonesia

0

Setelah hampir tiga tahun “puasa” nonton konser offline, akhirnya konser musik di Indonesia mulai kembali rutin digelar sejak pertengahan 2022 lalu. Tahun ini, tidak tanggung-tanggung, kabarnya ada banyak musisi lokal hingga internasional yang sudah menjadwalkan manggung di Indonesia sepanjang 2023. 

Sekadar informasi, belum lama ini girl group asal Korea sukses menggelar konser di Indonesia, yakni ITZY. Konser yang bertajuk “The 1st World Tour CHECKMATE” tersebut berlangsung pada 4-5 Februari 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, dan semua tiketnya terjual habis! 

Melihat kesuksesan pagelaran konser musik di Indonesia tersebut tentu menjadi awal yang baik dalam mendukung kebangkitan industri kreatif di Indonesia pasca pandemi. Mengingat, konser musik berperan besar dalam mempromosikan Indonesia secara lebih luas. Terutama dalam mendatangkan wisatawan mancanegara.

Selain konser musik girl group ITZY, masih banyak musisi lokal dan mancanegara yang dijadwalkan manggung di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut jadwal konser musik yang akan digelar di Indonesia sepanjang 2023:

Westlife 

Boy band asal Irlandia, Westlife, akan kembali menyapa penggemar Indonesia selama dua hari. Rencananya, konser bertajuk “Wild Dreams Tour Indonesia” akan digelar pada 9 Februari 2023 di ICE BSD Tangerang, dan 11 Februari 2023 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Menariknya lagi, boy group beranggotakan Shane Filan, Mark Feehily, Nicky Byrne, dan Kian Egan ini juga bakal mampir ke Bandung, Jawa Barat. Kedatangannya ke Bandung untuk tampil dalam konser bertajuk “Playlist Love Festival 2023” pada 12 Februari 2023.

Festival Pasar Musik 

Konser musik di Indonesia yang tidak kalah menarik dikunjungi adalah Festival Pasar Musik. Nantinya, Festival Pasar Musik bakal menampilkan sederet musisi ternama di tujuh panggung dengan tema yang berbeda-beda. 

Digelar pada 10-12 Februari 2023 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta, Festival Pasar Musik akan diramaikan oleh musisi Indonesia terbaik, yakni Padi Reborn, Kahitna, Maliq & d’Essentials, The Changcuters, Vierratale, The Panturas, GIGI, Tiara Andini, dan banyak lagi.

Raisa Live in Concert

Akhir Februari akan diisi oleh konser tunggal musisi wanita Indonesia yang sempat tertunda akibat pandemi, yaitu Raisa. Konser bertajuk “Raisa Live in Concert” ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 25 Februari 2023. 

Kabarnya, “Raisa Live in Concert” akan menjadi konser bertaraf internasional pertama dari penyanyi solo wanita Indonesia tersebut. Sayang untuk dilewatkan, karena Raisa akan mengundang beberapa tamu istimewa untuk ambil bagian dalam konser megah ini. 

NCT Dream “THE DREAM SHOW2: In A DREAM” 

Setelah sempat mampir tahun lalu, NCT Dream kembali datang ke Indonesia untuk menyapa penggemarnya. Bertajuk “THE DREAM SHOW2: In A DREAM”, NCT Dream akan manggung di ICE BSD Tangerang pada 4-6 Maret 2023.

Selama tiga hari berturut-turut, NCT Dream akan memberikan penampilan spesial untuk seluruh penggemarnya. Tiket konser NCT Dream sudah bisa dibeli sejak 4 Februari 2023 kemarin. 

BLACKPINK World Tour

Beranggotakan Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose, BLACKPINK kembali hadir ke Indonesia untuk menyapa para BLINK (nama fandom BLACKPINK). Merupakan rangkaian dari tur dunia, konser bertajuk “BORN PINK: World Tour” ini rencananya akan digelar pada 11-12 Maret 2023 di Gelora Bung Karno Main Stadium, Jakarta. Bisa dibilang ini akan menjadi salah satu konser K-pop yang paling dinantikan. Pasalnya, seluruh tiket konser BLACKPINK di Jakarta sudah habis terjual.

Ilustrasi: Kemeriahan salah satu festival musik tahunan di Indonesia (Foto: Pesona Travel/Alvien)

Arctic Monkeys

Selanjutnya, grup musik rock asal Inggris, Arctic Monkeys juga bakal hadir menyapa penggemarnya di Indonesia. Lewat Asia Tour 2023, grup musik beranggotakan empat personil ini akan tampil di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta pada 18 Maret 2023. Konser perdana Arctic Monkeys di Indonesia ini disambut meriah oleh penggemarnya. Hal ini terlihat dari penjualan tiket konser yang ludes dalam waktu dua menit saja!

Deep Purple

Setelah lebih dari 30 tahun menggelar konser pertama di Indonesia. Akhirnya, Deep Purple akan kembali menggelar konser keduanya di Indonesia pada 10 Maret 2023 mendatang. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi Deep Purple. Sehingga, konser musik ini akan menjadi awal yang baik untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara, terutama penggemar Deep Purple di kawasan Asia Tenggara.

TREASURE “TREASURE TOUR [HELLO] IN JAKARTA” 

 Maret padat dengan jadwal konser musik K-pop. Selain NCT dan BLACKPINK, grup K-pop lainnya yang bakal manggung di Indonesia adalah boy group TREASURE. 

Konser bertajuk “2023 Treasure Tour [HELLO] in Jakarta” akan diselenggarakan pada 18-19 Maret 2023 di ICE BSD City Tangerang. Meski masih berlangsung bulan depan, namun beberapa kategori tiket konser TREASURE sudah terjual habis. 

Synchronize Festival 2023 

Selain konser musik mancanegara, festival musik di Indonesia juga tidak kalah menarik didatangi. Salah satunya adalah Synchronize Festival 2023. Festival musik multi-genre tahunan berskala nasional ini akan menampilkan ratusan pertunjukan musisi terbaik Indonesia.

Cocok jadi media nostalgia dan kangen-kangenan, pasalnya Synchronize Festival 2023 akan mendatangkan musisi lokal terbaik dari dekade 60-an hingga 2000-an. Menurut jadwal festival musik di Indonesia 2023, Synchronize Festival 2023 bakal diadakan pada 1-3 September 2023. 

Pestapora 2023 

Satu lagi festival musik di Indonesia di 2023 yang sayang untuk dilewatkan, Pestapora. Sebuah perayaan musik yang akan menampilkan penampilan musik lintas genre mulai dari pop, rock, hingga dangdut. Akan berlangsung selama tiga hari dari 22-24 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Pestapora diramaikan oleh deretan musisi lokal terbaik. Seperti Ada Band, Ayu Ting Ting, Coldiac, HIVI!, Rizky Febian, Sore, Stand Here Alone, The Adams, Tipe-X, Yura Yunita, dan banyak lagi. 


Cover: Ilustrasi kemeriahan festival musik yang selalu dinanti di Indonesia (Foto: Pesona Travel/Mike Eng Naftali)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIRabu, 8 Februari 2023
239543
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif