Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Yuk, Kenalan dengan Desa Wisata Pemenang ADWI 2023

Yuk, Kenalan dengan Desa Wisata Pemenang ADWI 2023

0

Malam puncak Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 telah berlangsung pada 27 Agustus 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Dalam ajang penghargaan tersebut, terpilih 75 desa wisata terbaik dari 4.573 desa wisata yang berpartisipasi dalam ADWI 2023

Penting diingat kembali, ADWI adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Bisa dibilang, ADWI menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Penghargaan ADWI 2023 terbagi menjadi beberapa kategori, dua di antaranya yang paling menarik perhatian adalah kategori “Desa Wisata Terbaik” dan “Desa Wisata Terfavorit”. Lantas, desa wisata mana saja yang berhasil meraih penghargaan tersebut?

BACA JUGA: 7 Desa Wisata yang Mengusung Konsep Sustainable Tourism 

Desa Wisata Terbaik: Desa Wisata Ketapanrame

Kategori “Desa Wisata Terbaik” dalam ajang ADWI 2023 diraih Desa Wisata Ketapanrame. Terletak di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Desa Wisata Ketapanrame merupakan desa wisata yang terkenal dengan banyaknya pilihan alternatif wisata yang dimiliki. Baik itu wisata alam, wisata kreasi, wisata budaya, dan wisata edukasi. 

Sektor wisata alam, Desa Wisata Ketapanrame memiliki Sawah Sumber Gempong, Air Terjun Dlundung, Air Terjun Talang, hingga Perkebunan Kopi. Dari sisi wisata budaya, wisatawan bisa coba pencak silat, bantengan, bermain gamelan, maupun tari Mayang Rontek. 

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Trawas ini juga memiliki wisata buatan, seperti Taman Ghanjaran dan Taman Kelinci yang cukup populer di kalangan wisatawan. Di sisi lain, untuk wisata edukasi, Sobat Parekraf bisa coba menanam padi, membajak sawah, budidaya maggot, serta mengikuti proses pembuatan jamu secara langsung.

Terpilihnya Desa Wisata Ketapanrame sebagai “Desa Wisata Terbaik” ADWI 2023 tentu tidak bisa dipisahkan dari kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Pasalnya, desa wisata ini memiliki homestay dengan fasilitas memadai, spot foto, tempat kuliner, hingga kios suvenir yang menjual produk ekonomi kreatif lokal.

BACA JUGA: Air Terjun Madakaripura, Tempat Bertapa Gadjah Mada 

Foto: Salah satu keindahan yang ada di Desa Wisata Cipta Karya, Kalimantan Barat (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Desa Wisata Terfavorit: Desa Wisata Cipta Karya

Kategori “Desa Wisata Terfavorit” ADWI 2023 jatuh kepada Desa Wisata Cipta Karya. Desa Wisata yang berlokasi di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat ini punya banyak destinasi wisata unggulan. Mulai dari Sepadang Hill, Air Terjun Riam Palayo, Bukit Pajamet, hingga Hutan Adat Kalong yang konon bekas pemukiman purba masyarakat Sub Dayak Bakati.

Ada banyak atraksi wisata yang bisa Sobat Parekraf lakukan di Desa Wisata Cipta Karya, mulai dari trekking dengan sepeda gunung, jungle tracking, hingga bersepeda keliling desa. Selain itu, Sobat Parekraf juga bisa mencoba wisata budaya di Desa Wisata Cipta Karya, satu yang sangat menarik adalah melihat langsung pembuatan alat musik tradisional khas suku Dayak, yaitu sape. Alat musik tradisional yang terbuat dari kayu aro, kayu marong, dan kayu pelantan.

Menariknya, desa wisata seluas 43 kilometer persegi ini tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata alam dan budaya saja, tapi juga rumah bagi flora dan fauna yang berstatus langka dan dilindungi. Mulai dari bunga Rafflesia Tuan Mudae, Rhizanthes lowii (Rafflesia terkecil di dunia), anggrek kasut hijau, burung Ruai, Owa, Kubung, hingga kodok tanduk.

Pemenang ADWI 2023 Lainnya

Selain kategori “Desa Wisata Terbaik” dan “Desa Wisata Terfavorit”, ADWI 2023 juga memiliki banyak pemenang dari berbagai kategori lainnya. Seperti di antaranya kategori “Daya Tarik Pengunjung” diraih Desa Wisata Muntei (Sumatra Barat), kategori “Desa Wisata Rintisan” diraih Desa Wisata Pulau Penyengat (Kepulauan Riau), serta kategori “Desa Wisata Berkembang” diberikan kepada Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung (Sumatra Barat).

Selain itu, masih banyak desa wisata yang memenangkan kategori dalam penghargaan ADWI 2023. Mulai dari kategori “Homestay dan Toilet” diraih Desa Wisata Lawang (Sumatra Barat), kategori “Digital dan Kreatif” diraih Desa Wisata Taraju (Jawa Barat), kategori “Suvenir” diberikan kepada Desa Wisata Tari Rebu, Kep. Bangka Belitung, serta kategori “Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE” didapatkan Desa Wisata Iboih (Aceh). 

BACA JUGA: Sebanyak 14 Desa Wisata Peserta ADWI 2023 Catatkan Rekor MURI 

Cover: Daya tarik wisata di Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerto (ketapanrame.desa.id)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 7 September 2023
17807
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif