Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Dorong Mahasiswa Poltekpar Makassar Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Parekraf Sulsel

Siaran Pers: Menparekraf Dorong Mahasiswa Poltekpar Makassar Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Parekraf Sulsel

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF


Menparekraf Dorong Mahasiswa Poltekpar Makassar Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Parekraf Sulsel


Sebagai upaya bangkitkan ekonomi dan buka lapangan kerja


Makassar, 3 Maret 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar mahasiswa Politeknik Negeri Pariwisata Makassar, Sulawesi Selatan, untuk memperkuat kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Selatan.

Dalam Studium Generale bertemakan "Membangun Pariwisata Berkelanjutan Melalui Kolaborasi" di Auditorium Soesilo Soedarman, Poltekpar Makassar, Jumat (3/3/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan dalam menghadirkan pariwisata yang sejuk, aman, nyaman, dan menyenangkan diperlukan kolaborasi berbagai pihak dan Poltekpar Makassar yang terfokus pada pendidikan vokasi di sektor parekraf adalah salah satu pihak yang berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut. Terutama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa-desa wisata.


"Pak Menko PMK (Muhadjir Effendy) menyampaikan bahwa pendidikan kita ke depannya akan berbasis vokasi, karena kenapa? Pendidikan ini sangat cocok untuk pengembangan industrialisasi dan hilirisasi kita. Bagaimana kalian semua keluar dari pendidikan vokasi ini bisa mendapatkan lapangan kerja dan bisa menjadi pengusaha dan membuka lapangan kerja," kata Sandiaga.

Selain meningkatkan kualitas SDM, Sandiaga juga mendorong agar mahasiswa Poltekpar Makassar bisa memperkuat pariwisata berbasis komunitas dan kelembagaan. Sandiaga juga menginginkan agar Poltekpar Makassar selalu mencetak SDM yang berkualitas dan tersertifikasi.


Hal ini bertujuan untuk mencapai target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024 dan menciptakan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas serta berkelanjutan.

"Ini harus kita lakukan dalam bentuk kolaborasi dan kita harus melakukan upskilling, reskilling, dan newskilling," ungkap Sandiaga.


Kuliah umum ini juga dihadiri oleh kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal; dan Direktur Poltekpar Makassar, M. Arifin.



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 3 Maret 2023
1681
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif