Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Kuliner Khas Yogyakarta dalam Gelaran ATF 2023

Kuliner Khas Yogyakarta dalam Gelaran ATF 2023

0

Setelah suksesnya Presidensi G20 pada 2022 lalu, Indonesia siap menggelar ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Yogyakarta. Forum pariwisata terbesar se-ASEAN ini, dihadiri oleh Menteri Pariwisata dari 10 negara ASEAN, dan lima negara lain yang diundang: India, Rusia, Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang. 

ATF 2023 Yogyakarta akan digelar pada tanggal 2-5 Februari 2023 dengan serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah mencicipi berbagai kuliner khas Yogyakarta yang akan dihidangkan untuk para delegasi negara peserta ATF 2023.

Seperti yang kita ketahui, Yogyakarta termasuk salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kuliner khas yang menggugah selera. Tak hanya makanan berat, camilan khas juga turut dihidangkan dalam gelaran ATF 2023 nanti.

Berikut beberapa kuliner khas Yogyakarta yang akan dihidangkan dalam gelaran ATF 2023:


Sate klatak 

Sate yang dibumbui dengan rempah-rempah, lalu ditusuk dengan jeruji besi ini berisikan daging kambing atau sapi. Biasanya, sate klatak disajikan dengan nasi, kuah gulai atau kecap, dan potongan cabai rawit. 

Pemilihan jeruji besi sebagai tusuk sate klatak bukan tanpa sebab. Pasalanya, jeruji besi dianggap mampu menghantarkan panas dengan baik. Tak heran kalau bumbu rempah akan meresap dengan sempurna dan menambah kenikmatan dari kuliner khas Yogyakarta satu ini.


Gudeg

Kuliner khas Yogyakarta paling ikonik, Gudeg. Kalau bertanya: Apa makanan khas Yogyakarta? Pasti mayoritas akan menjawab gudeg. Berasal dari nangka muda yang dimasak bersama santan dalam waktu yang lama, gudeg memiliki tekstur yang empuk dan rasa cenderung manis.

Dalam satu porsi gudeg, biasanya disajikan dengan nasi, sambel goreng krecek, suwiran ayam kampung, dan oseng-oseng tempe. Cita rasa gurih, pedas, dan manis akan menyatu sempurna di dalam mulut. Tak kalau gudeg menjadi salah satu hidangan dalam gelaran ATF 2023 Yogyakarta.


Ilustrasi: Bakpia merupakan salah satu kudapan khas Yogyakarta yang melegenda. (Foto: Shutterstock/TyasIndayanti)


Bakpia

Belum ke Yogyakarta, kalau belum bawa oleh-oleh bakpia. Yap, ungkapan tersebut ada benarnya. Sebagai salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta, bisa dibilang bakpia paling ikonik dan selalu jadi incaran para wisatawan. Nama bakpia akan makin kesohor, karena kue berbentuk bulat pipih ini turut disajikan dalam helatan ATF 2023 di Yogyakarta.

Rasanya yang manis serta kulit yang krispi, menjadikan bakpia disukai banyak orang, dan sangat diburu sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan dari luar daerah. Awalnya, isian bakpia hanya terdiri dari kacang hijau saja. Seiring berjalannya waktu, kini ada berbagai macam rasa bakpia, mulai dari cokelat, keju, kumbu, teh hijau, hingga red velvet.


Bakmi Jawa

Kuliner khas Yogyakarta yang akan disajikan pada ATF 2023 berikutnya adalah bakmi jawa. Perbedaan bakmi jawa dengan olahan mi lainnya, bakmi jawa khas Yogyakarta menggunakan mi yang lebih besar dan bulat. Menariknya, bakmi jawa selalu disajikan dengan irisan kembang kol dan suwiran daging ayam dengan potongan cukup besar.

Ada dua jenis bakmi jawa yang biasa disajikan, yakni bakmi kuah dengan rasa cenderung gurih, dan bakmi goreng dengan cita rasa cenderung manis. Cara memasak bakmi jawa khas Yogyakarta pun cukup unik, karena dimasak satu per satu dan menggunakan arang. Hal inilah yang membuat bakmi jawa memiliki rasa sangat khas.


Pecel

Pecel adalah kuliner khas Yogyakarta yang terdiri dari sayur-sayuran, bumbu kacang, dan lauk-pauk. Jenis sayuran yang biasa dihidangkan adalah kecipir, daun bayam, kacang panjang, tauge, dan mentimun. Lalu, lauk pauk yang biasa menemani pecel adalah ikan teri, telur, atau mendoan. 

Sobat Parekraf bisa menemukan warung-warung pecel di berbagai tempat makan di Yogyakarta. Karena banyak penjual yang menjual nasi pecel, khususnya saat pagi hari. Rasanya yang  manis bercampur gurih menjadikan kuliner khas Yogyakarta ini turut disukai sebagai menu sarapan.

Itulah beberapa kuliner khas Yogyakarta yang akan dihidangkan pada acara ATF 2023. Kira-kira, Sobat Parekraf menyukai makanan yang mana? 



Foto Cover: Ilustrasi Sata Klatak yang populer di kawasan DIY dan sekitarnya. (Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISabtu, 4 Februari 2023
3590
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif