Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers World Water Forum 2024: World Water Forum ke-10 Jadi Harapan Baru Aktivis Lingkungan

Siaran Pers World Water Forum 2024: World Water Forum ke-10 Jadi Harapan Baru Aktivis Lingkungan

0

SIARAN PERS

TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA WORLD WATER FORUM KE-10

NO.38/SP/TKM-WORLDWATERFORUM2024/05/2024


World Water Forum ke-10 Jadi Harapan Baru Aktivis Lingkungan

Jakarta, 3 Mei 2024 – Penyelenggaraan forum air internasional atau World Water Forum ke-10 pada 18--25 Mei 2024 di Bali, menjadi harapan baru pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Caption Foto: Sejumlah pengunjung berswafoto di kawasan objek wisata Danau Dendam Tak Sudah di Kota Bengkulu, Bengkulu, Selasa (30/4/2024). Pemerintah Indonesia berencana mengusulkan penetapan Hari Danau Sedunia dalam World Water Forum (WWF) ke-10 pada 18--25 Mei 2024 di Bali, akibat kondisi danau-danau di dunia masuk dalam kategori kritis. ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Spt.

Demikian dikatakan aktivis lingkungan yang juga founder Sea Soldier,Nadine Chandrawinata melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

“Para pemangku kepentingan yang terlibat dalam acara ini harus berdiskusi agar kesepakatan yang dihasilkan memberikan manfaat,” ujarnya.

Kegiatan ini dikatakan Nadine bertujuan untuk mencari solusi atas persoalan air dan pengelolaan sumber daya air berkelanjutan yang secara langsung akan berdampak pada pengelolaan lingkungan.

Nadine Chandrawinata pun meyakini pada World Water Forum ke-10 nanti, semua isu yang berkaitan dengan sumber daya air bisa teratasi dengan baik.

Aktivis lingkungan lainya, Melati Wijsen yang juga founder Youthtopia ingin mengajak para partisipan untuk saling berkolaborasi, bertukar gagasan, pengetahuan, dan membawa solusi kuat terhadap permasalahan air.

Tema besar yang diambil dalam penyelenggaraan World Water Forum ke-10 adalah “Water for Shared Prosperity”. Tema ini sejalan dengan komitmen global untuk mencari solusi peningkatan dan pengelolaan sumber daya air berkelanjutan untuk menghadapi perubahan iklim yang tidak pasti.

Sementara Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi Badan Riset dan Inovasi Nasional Endang Savitri mengatakan, tema besar forum air dunia ini sejalan dengan komitmen global dalam menghadapi perubahan iklim.

“Pemerintah pun telah melakukan tindakan yang benar dengan melibatkan masyarakat untuk menghadapi bencana,” katanya.

World Water Forum ke-10 adalah platform yang inklusif dimana semua pemangku kepentingan seperti kepala negara, menteri, parlemen, pemerintah daerah, otoritas wilayah sungai, akademisi, praktisi, sampai generasi muda berkumpul dan berkolaborasi untuk merumuskan solusi air global. (Ridho Syukra/TR/Elvira Inda Sari)


*

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

PCO World Water Forum ke-10 - Dede Ariwibowo (08111830020)

Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id/kategori/world-water-forum dan https://s.id/worldwaterforumpedia

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIMinggu, 5 Mei 2024
1694
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif