Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif di Lombok Barat

Siaran Pers: Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif di Lombok Barat

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif di Lombok Barat

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2024 di Cemara Resto & Café, Lombok Barat, pada Jumat (26/4/2024).
Lombok Barat, 26 April 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, untuk melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif) sebagai upaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerahnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2024 di Cemara Resto & Café, Lombok Barat, pada Jumat (26/4/2024), mengatakan bahwa Kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu daerah dengan keragaman potensi sosial-budaya, warisan sejarah, dan alam menjadi modal kuat bagi Pemda dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya dalam mengembangkan subsektor ekonomi kreatif kriya, kuliner, fesyen, dan seni pertunjukan.

Namun, Kabupaten Lombok Barat yang memiliki beragam potensi ekonomi kreatif ini sayangnya belum melaksanakan kegiatan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). 

“Oleh karena itu mari kita sama-sama memohon PJ Bupati agar Lombok Barat diikutsertakan pada proses uji petik kabupaten kreatif 2024. Silakan para pelaku ekonomi kreatiflah yang akan menentukan, nanti dikolaborasikan, nanti kita lakukan proses uji petik,” kata Menparekraf. 

Uji Petik PMK3I ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Sehingga dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif para pelaku ekonomi kreatif dapat memiliki nilai tambah dan memperkuat branding dari produk-produknya.

“Karena kita punya target 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 sesuai arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo, dan setelah ini kita estafetkan kepada Bapak Presiden Terpilih Prabowo, mudah-mudahan Lombok Barat bisa menjadi destinasi wisata yang unggul, bukan hanya super prioritas di Mandalika tapi juga kita kembangkan Senggigi kembali, dan juga Sekotong,” kata Menparekraf. 

Lebih lanjut Menparekraf menyampaikan bahwa Kabupaten Lombok Barat memiliki 28 desa wisata yang terdaftar dalam platform Jadesta. 

Tiga di antaranya adalah Desa Wisata Lembar Selatan sebagai 75 besar ADWI 2023 kategori Desa Berkembang, Desa Wisata Buwun Sejati sebagai 50 besar ADWI tahun 2022 kategori Desa Rintisan, dan Desa Wisata Sesaot sebagai 50 Besar ADWI 2021 kategori Desa Wisata Maju

“Dan mudah-mudahan peringkat ini bisa dipertaha kan, dan semoga Lombok Barat tahun ini dapat lagi anugerah desa wisata se-Indonesia,” kata Menparekraf.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini dan Direktur Politeknik Pariwisata Lombok, Ali Muhtasom.

Turut hadir Pj. Bupati Lombok Barat, H. Ilham; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jamaluddin Malady; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Agus Gunawan; Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudra; dan Pimpinan Redaksi Lombok Post, Jony Martadinata.


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 26 April 2024
925
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif