Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
SPORTIVE 2023, Banyak Event Olahraga Internasional di Bulan Mei

SPORTIVE 2023, Banyak Event Olahraga Internasional di Bulan Mei

0

Serupa dengan KEN 2023, SPORTIVE merupakan kalender event olahraga, musik, dan kreatif yang akan digelar sepanjang 2023. Bulan Mei ini bisa dibilang jadi salah satu bulan olahraga di Indonesia. Karena ada banyak event olahraga bertaraf internasional yang digelar di bulan Mei 2023.

Seperti yang kita tahu, event olahraga internasional termasuk dari bagian sport tourism yang terus digencarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Harapannya, dengan gencarnya ajang sport tourism di Indonesia, menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

SPORTIVE 2023 menjadi salah satu langkah untuk menarik kunjungan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri ke Indonesia, melalui event olahraga bertaraf internasional. Berikut adalah daftar event olahraga internasional di bulan Mei 2023:

Bali Spirit Festival

Salah satu kalender SPORTIVE yang digelar di bulan Mei 2023 adalah Bali Spirit Festival. Event ini digelar pada 4-7 Mei 2023 di The Yoga Barn, Padangtegal, Ubud, Bali. Festival ini termasuk bagian dari wellness tourism yang diharapkan memberikan dampak baik bagi kesehatan fisik dan spiritual, serta menjaga lingkungan. 

Bali Spirit Festival 2023 mengusung tiga core: musik, seni tari, dan yoga. Tujuannya untuk mewujudkan mantra inti Hinduisme Bali dalam mencapai kesehatan fisik dan spiritual. Sedangkan untuk kelestarian alam, dalam Bali Spirit Festival juga akan dilakukan pemilahan sampah, penanaman bambu, hingga penggunakan dekorasi berbahan organik. 

BACA JUGA: Bali Masuk 10 Destinasi Terpopuler Dunia Versi Tripadvaisor 

Gran Fondo New York Mandalika

SPORTIVE di bulan Mei 2023 berikutnya adalah Gran Fondo New York (GFNY) Mandalika, yang akan diadakan pada 28 Mei 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok. Ajang olahraga bertaraf internasional ini ditargetkan diikuti oleh 1.000 peserta dari 32 negara.

Gran Fondo New York adalah kejuaraan bersepeda yang tidak hanya melibatkan pesepeda profesional, ajang sport tourism satu ini juga bisa diikuti masyarakat umum. Peserta akan memulai start di Sirkuit Mandalika, dan menempuh jarak sekitar 135 km. Rute yang dilewati berupa tanjakan, perbukitan, hingga kelokan dengan pemandangan yang sangat memesona.

Foto: Ilustrasi para atlet yang mengikuti Bintan Triatlhon (Shutterstock/Heru Sukma Cahyanto)

Bintan Triathlon

Salah satu kejuaraan olahraga internasional di Indonesia yang paling ditunggu, Bintan Triathlon. Event olahraga ini akan dilaksanakan pada 20-21 Mei 2023 di Bintan. Setiap tahunnya Bintan Triathlon selalu diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara.

Bintan Triathlon terdiri dari tiga cabang olahraga, yakni renang, sepeda, dan lari. Ada tiga kategori yang bisa diikuti Sobat Parekraf, yaitu Olympic Distance, Sprint Distance, dan Youth Distance. Setiap kategori dibedakan sesuai dengan jarak tempuh dari setiap cabang olahraga.

BACA JUGA: 4 Event Sport Tourism Prioritas Kemenparekraf 2023 

L’etape by Tour de France

Masih di area Sirkuit Mandalika, kejuaraan olahraga internasional yang akan digelar di bulan Mei 2023 berikutnya adalah L’etape by Tour de France. Ajang olahraga yang masuk dalam kalender SPORTIVE ini juga akan digelar pada 28 Mei 2023.

L’etape adalah event bersepeda yang dipersembahkan oleh Tour de France A.S.O, dan bekerja sama dengan promotor olahraga Indonesia, VDA (Veloism Danendra Aksata). Pada tahun kedua pegelaran ini, L’etape terbuka untuk 2.000 pesepeda amatir yang ingin mencoba perlombaan dengan standar keamanan tinggi. 

Bali Trail Running Ultra

Kalender SPORTIVE di bulan Mei 2023 selanjutnya ada Bali Trail Running Ultra, yang akan digelar pada 21 Mei 2023. Ajang sport tourism internasional ini menawarkan medan yang menantang, sekaligus keindahan alam Gunung Batur. Sangat cocok untuk Sobat Parekraf yang suka berlari dan ingin menikmati pemandangan alam.

Bali Trail Running Ultra terbagi menjadi 4 kategori yang dibedakan berdasarkan jarak tempuh. Mulai dari 7K, 15K, 30K, dan 55K. Nantinya, peserta bisa memilih kategori sesuai kemampuannya masing-masing. Peserta yang mengikuti kegiatan ini akan memulai start di Tova Devasya, Desa Toya Bungkah, Kintamani. 

Bagi Sobat Parekraf yang ingin merasakan sensasi olahraga sambil menikmati keindahan alam Indonesia, tak ada salahnya ambil bagian dalam salah satu event olahraga internasional di bulan Mei 2023 tersebut, ya!

Baca Juga: Danau Toba Sukses Menggelar F1 Powerboat Lake Toba 

Cover: Ilustrasi kemeriahan dalam pegelaran Bali Spirit Festival (balispiritfestival.com)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISabtu, 6 Mei 2023
8082
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif