Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Daftar Konser Musik di Bulan Agustus hingga Akhir Tahun 2023

Daftar Konser Musik di Bulan Agustus hingga Akhir Tahun 2023

0

Bisa dibilang, 2023 adalah momen kembalinya festival dan konser musik setelah “puasa” nonton konser akibat pandemi COVID-19.  Meski sudah banyak jadwal konser musik yang diselenggarakan pada awal hingga pertengahan tahun, tetap saja masih banyak musisi mengantre manggung di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya daftar konser musik hingga akhir tahun 2023. 

Semakin banyaknya konser musik di Indonesia menjadi bukti jika pertumbuhan subsektor musik pasca pandemi COVID-19 sangatlah pesat. Diharapkan, pertumbuhan yang sangat pesat ini menjadi langkah awal dalam mendukung kebangkitan industri kreatif di Indonesia.

Menariknya, konser dan festival musik bulan dari bulan Agustus hingga akhir tahun nanti tidak hanya diramaikan oleh musisi dalam negeri saja. Ada banyak konser dan festival musik dengan line up musisi internasional yang ikut meramaikan jadwal konser musik di Indonesia 2023. Kira-kira, siapa saja mereka? 

Simak daftar konser dan festival musik dari bulan Agustus hingga akhir tahun 2023 berikut ini:

The 90s Festival

Setelah vakum sekitar 3 tahun, akhirnya The 90s Festival kembali meramaikan panggung musik Indonesia pada 12-13 Agustus 2023 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta. Termasuk festival musik yang cocok untuk nostalgia, pasalnya The 90s Festival diisi oleh musisi papan atas era 90-an, seperti band Padi Reborn, Cokelat, Ahmad Band, Krakatau, Tipe-X, dan banyak lagi.

Menariknya, festival musik yang akan diselenggarakan selama dua hari ini akan diisi oleh satu grup musik rock legendaris asal Amerika yang populer era 80-90-an, yaitu Mr Big. Kabarnya, The 90s Festival akan menjadi ajang perpisahan Mr Big di panggung musik dunia. 

BACA JUGA: Pentingnya Hak Cipta Musik bagi Musisi, Begini Cara Mendaftarkannya 

Asian Sound Syndicate Vol. 2

Di bulan Agustus ada Asian Sound Syndicate (ASS) Vol. 2 yang akan meramaikan panggung festival musik Indonesia. Tepatnya pada 26-27 Agustus 2023 di West Parking JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Kalau di Asian Sound Syndicate Vol. 1 diramaikan oleh musisi kenamaan Korea Selatan seperti Mino WINNER, Gray, dan Simon Dominic. Tahun ini, Asian Sound Syndicate Vol. 2 diramaikan oleh boy group iKON, DPR Live, DPR IAN, DPR Cream, Sam Kim, dan Ash Island. 

Tak hanya sampai di situ saja, masih ada banyak musisi lokal dan mancanegara yang akan meramaikan Asian Sound Syndicate Vol. 2, antara lain Tuan Tigabelas, Ramengvrl, Psychic Fever, Big Naughty, dan masih banyak lagi.

Foto: Salah satu aksi panggung pengisi acara Soundrenaline 2023: Thirty Second to Mars (Shutterstock/Ben Houdijk)

Soundrenaline 2023

Selanjutnya Soundrenaline, festival musik Indonesia ini yang rencananya akan diselenggarakan pada 2-3 September 2023 di Karnaval Ancol, Jakarta. Tak kalah meriah dengan tahun sebelumnya, Soundrenaline 2023 akan menampilkan musisi lintas genre dari dalam maupun luar negeri. 

Sudah ada banyak daftar musisi papan atas nasional dan internasional yang bakal meramaikan Soundrenaline 2023. Mulai dari Adhitia Sofyan, Amigdala, Endah N Rhesa, Andra and The BackBone, The Panturas, Kodaline, Turnover, LAUV, hingga Thirty Second to Mars. 

BACA JUGA: Konser Musik Indonesia Kelas Dunia yang Selalu Dinantikan 

Synchronize Fest

Selain Soundrenaline, Synchronize Fest turut masuk daftar festival musik yang paling ditunggu di Indonesia. FYI, Synchronize Fest adalah festival musik multi-genre dan lintas generasi berskala nasional, karena menampilkan ratusan artis dari dekade 60-an, 70-an, 80-an, 90-an, hingga 2000-an.

Tahun ini, Synchronize Fest akan digelar pada 1-3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Line up yang hadir juga super komplet, karena akan dimeriahkan oleh Endah N Rhesa, GAC, Kunto Aji, Perunggu, The Adams, Yura Yunita, Reza Chandika, Isyana Sarasvati, Triad, Mulan Jameela, Tuan Tiga belas, GNTZ, hingga kolaborasi epik Dipha Barus x Soneta. 

Selain itu, hadir pula musisi legendaris dalam meraikan Synchronize Fest 2023. Seperti God Bless, Fariz RM, Bimbo feat Yanti Bersaudara, hingga Iwan Fals x Sawung Jabo.

Bring Me The Horizon 

Konser musik Indonesia yang banyak ditunggu oleh pecinta musik berikutnya adalah kedatangan band Bring Me The Horizon (BMTH). Bagi Sobat Parekraf yang belum tahu, Bring Me The Horizon adalah band musik dengan genre metalcore, metal alternatif, rock alternatif, pop rock, rock elektronik, dan deathcore

Rencananya, Oliver Sykes dan kawan-kawan akan hadir ke Jakarta pada November 2023. Sayangnya, untuk tanggal resmi dan lokasi konser belum pasti. Jadi, kita tunggu saja, ya!

Coldplay

Untuk pertama kalinya, Chris Martin cs memasukkan Indonesia ke dalam salah satu negara yang akan dikunjungi dalam rangkaian tur dunia yang bertajuk “Music of the Spheres Word Tour 2023”. Rencananya, konser Coldplay akan diselenggarakan pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Meski masih diselenggarakan jelang akhir tahun, tiket konser Coldplay di Jakarta sold out dalam waktu singkat. Antusiasme yang luar biasa dari penikmat band Coldplay diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dunia bahwa Jakarta merupakan destinasi MICE terbaik di Asia. 

Jadi, konser mana yang paling Sobat Parekraf tunggu?

BACA JUGA: Menparekraf: Konser Coldplay Perkuat Jakarta Sebagai Destinasi MICE Terbaik di Asia 

Foto: Aksi panggung Coldplay, yang akan konser di Jakarta November 2023 (Shutterstock/Brian Friedman)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 6 Juli 2023
49214
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif