Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Membangkitkan Storytelling via Platform Digital

Membangkitkan Storytelling via Platform Digital

1

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam Virtual Audiensi dengan Natgeo-Disneys menyebut pihaknya mendukung penuh rencana strategi promosi wisata berbasis storytelling. Menurutnya storytelling menjadi langkah penting bagi wisatawan untuk mengetahui latar belakang event dan destinasi wisata yang akan didatanginya.

Selain bermanfaat sebagai media promosi wisata, storytelling juga menjadi metode efektif guna menggali nilai-nilai unik dan menarik dari suatu destinasi wisata, atau bahkan produk ekonomi kreatif. Dengan storytelling yang baik_,_ wisatawan akan mendapatkan pengalaman berbeda dalam berwisata.

Sebuah cerita yang menarik akan membuat destinasi wisata tidak sebatas tempat saja namun ruang yang lebih hidup guna mencari berbagai informasi. Secara tidak langsung, pengalaman berwisata dengan storytelling ini akan membawa makna tersendiri bagi setiap destinasi.

Melalui storytelling para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dapat memperkenalkan produk atau karya berdasarkan nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan menciptakan kesan positif yang emosional antara suatu produk dengan pembelinya.

Sedangkan teknik storytelling pada destinasi wisata dapat digunakan di berbagai daya tarik promosi. Pasalnya cerita lisan merupakan salah satu budaya yang banyak berkembang di masyarakat sejak ratusan tahun silam. Mulai dari cerita legenda yang notabenenya fiksi hingga sejarah semuanya dapat menjadi materi storytelling yang menarik_._

Melihat hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menilai storytelling adalah potensi yang besar dan harus digali. Mengingat di Indonesia sendiri banyak cerita-cerita menarik di balik terbentuknya suatu objek maupun wilayah. Jelas hal ini adalah modal besar bagi Indonesia dalam mengembangkan konsep pariwisata storytelling.

Ditambah lagi dengan pesatnya digitalisasi di tengah masyarakat yang sangat pas dalam mengembangkan storytelling melalui platform digital. Platform digital akan memudahkan pelaku pariwisata untuk menyampaikan narasi secara visual, audio, photo caption/text, maupun kombinasi ketiganya.

Sehingga dengan bantuan platform digital, nilai-nilai dari setiap cerita dapat disampaikan dan disebarkan dengan narasi yang lebih baik. Selain itu, digitalisasi juga membuat storytelling jauh lebih menarik dibandingkan penyampaian fakta dengan gaya konvensional. Terlebih saat ini platform digital menjadi media terbaik untuk mendekati kaum milenial.

Ilustrasi pawai budaya yang menggambarkan Spirit of Indonesia.(Foto: Shutterstock Daniel Ferryanto)

Spirit of Indonesia

Dalam acara Virtual Audiensi yang diadakan oleh Kemenparekraf/Baparekaf hadir juga Disney Representative Indonesia, Sarah Grace Hutabarat. Ia memperkenalkan event Spirit of Indonesia yang nantinya akan menjadi ajang untuk memperkenalkan cerita tentang festival, budaya, dan masyarakat Indonesia.

Perkenalan ini dilakukan dalam beragam bentuk digital mulai dari konten video, artikel, hingga kontes foto. Dengan memanfaatkan platform global, National Geographic ditunjuk sebagai mitra untuk menghidupkan Spirit of Indonesia.

Menurut Sarah Grace Hutabarat, nantinya konten-konten digital hasil dari storytelling ini dapat dilihat melalui channel National Geographic. Sementara itu Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani menyambut baik rencana kerja sama dengan National Geographic tersebut.

Rizki berharap agar kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik. Dengan begitu hasil dari produksi foto dan video yang dihasilkan dapat menjadi materi promosi pariwisata dan ekonomi kreatif bagi Kemenparekraf/Baparekraf ke depannya.

Foto Cover: Ilustrasi seorang wisatawan tengah menikmati liburan, seraya membaca literasi destinasi wisata melalui platform digital. (Shutterstock/Kaspars Grinvalds)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 23 Juli 2021
2520
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif