Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
8 Keajaiban Alam Indonesia

8 Keajaiban Alam Indonesia

2

Keajaiban alam Indonesia tersebar di seluruh pelosok negeri, dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Mulai dari gunung, pantai, hingga hutan di Indonesia menyuguhkan berbagai keajaiban alam yang menawan dan memesona.

Berikut adalah 8 keajaiban alam Indonesia dapat menjadi destinasi wisata dengan keindahan memesona:

Kawah Ijen

Keajaiban alam Indonesia selanjutnya adalah Kawah Ijen, Jawa Timur. Kawah Ijen merupakan satu dari dua tempat fenomena alam blue fire di dunia selain di Islandia, Eropa Utara. Blue fire bisa dilihat langsung saat keadaan gelap tanpa cahaya, biasanya saat dini hari.

Kawah Ijen juga dikenal sebagai danau air asam kuat terbesar di dunia. Wisatawan dapat melihat uap yang keluar dari kawah, dengan pancaran warna biru kehijauan nan cantik di bagian permukaannya.

Gunung Bromo

Dengan keindahan alam yang ditawarkan, tidak heran jika Gunung Bromo menjadi salah satu keajaiban alam Indonesia. Bahkan, Gunung Bromo pernah masuk ke dalam “_50 Awe-inspiring Natural Wonders_” versi CNN Travel pada 2017.

Wajar saja, sebab Gunung Bromo menjadi salah satu lokasi paling strategis untuk menikmati keindahan matahari terbit secara langsung. Di Bromo, wisatawan juga dapat melihat langsung kawah seluas 10 km yang terbentuk setelah terjadinya letusan api vulkanik kaldera Tengger.

Rafflesia Arnoldii

Keajaiban alam di Indonesia selanjutnya adalah bunga endemik Rafflesia Arnoldii yang langka. Berbeda dengan bunga pada umumnya, Rafflesia Arnoldii memiliki diameter cukup besar, bahkan mencapai satu meter. Ciri khas bunga ini memiliki bau yang tajam. Bahkan aroma kuatnya bisa tercium hingga radius 30 meter.

Saat ini Rafflesia Arnoldii dapat dilihat di beberapa tempat, seperti Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas Cianjur, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Green Canyon

Berlokasi di Jawa Barat, Green Canyon menjadi salah satu destinasi wisata keajaiban alam Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Saat tiba, pemandangan spektakuler dari tebing tinggi menanti para wisatawan.

Pengunjung dapat menyusuri aliran sungai berwarna hijau jernih yang seakan membelah tebing tinggi di sekitarnya. Tebing di Green Canyon berwarna hijau cantik nan unik akibat dipenuhi lumut. Dilihat dari pemandangan yang diberikan, tentu tidak heran jika Green Canyon dijuluki sebagai “sepotong surga di bumi”.

Eksotika Wayag, Raja Ampat menjadi salah satu primadona destinasi dunia. (Shutterstock/Andre Djohan)

Raja Ampat, Papua

Satu lagi keajaiban alam Indonesia yang menawarkan pesona alam tak terhingga; Raja Ampat. Berada di Papua Barat, Raja Ampat memiliki alam yang masih “perawan” dengan laut yang jernih tak berujung.

Raja Ampat dikenal memiliki keindahan bawah laut yang sangat memesona. Bahkan, Raja Ampat menjadi “rumah” bagi 540 jenis terumbu karang, serta lebih dari 1.000 jenis ikan.

Tidak heran jika Raja Ampat dijuluki sebagai “_The Last of Paradise_”, hingga menjadi spot diving terbaik di dunia pada 2015 oleh CNN.

Setelah melihat 8 keajaiban alam Indonesia di atas, maka tak mengherankan jika lokasi-lokasi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Pulau Komodo

Pulau ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia versi “New 7 Wonders”, dan menjadi habitat asli hewan purba komodo. Berdasarkan data Taman Nasional Komodo, pada 2018 populasi komodo di Pulau Komodo sebanyak 2.872 ekor.

Di pulau ini yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur ini, wisatawan tak hanya dapat melihat komodo secara langsung, tetapi juga berbagai jenis satwa liar lainnya. Misalnya kuda poni, Rusa Timor, hingga berbagai macam spesies reptil.

Pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah menawan. Selain perbukitan yang indah, terdapat pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa. Taman Nasional Komodo terletak tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, dan menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

Taman Nasional Tanjung Puting

Berlokasi di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting menjadi salah satu keajaiban alam Indonesia yang harus masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tanjung Puting menjadi rumah bagi delapan spesies monyet yang beberapa di antaranya masuk kategori langka, seperti hewan endemik Kalimantan bekantan.

Salah satu cara menikmati Taman Nasional Tanjung Puting adalah berjalan kaki di antara rimbunnya hutan tropis yang eksotis, sembari melihat langsung orang utan, monyet, babi hutan, dan berbagai macam satwa liar lainnya. Menariknya, Taman Nasional Tanjung Puting juga menjadi surga untuk lebih dari 220 spesies burung.

Danau Kelimutu

Ingin menikmati pemandangan destinasi keajaiban alam yang tidak biasa di Indonesia? Danau Kelimutu adalah pilihan yang tepat.

Danau Kelimutu merupakan bagian dari Taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur.  Di sini wisatawan bisa melihat tiga danau vulkanik di satu gunung yang sama, Kelimutu.

Daya tarik utama Danau Kelimutu adalah warna danau yang berbeda-beda. Perubahan warna danaunya tidak bisa diprediksi. Terkadang berwarna biru, hijau, hitam, atau bahkan bisa menjadi merah dan putih.

Foto Cover: Suasana Api Biru di Kawah Ijen. (Shutterstock/MTS Photo)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISelasa, 16 Maret 2021
4531
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif