Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Wonder Voice Over Camp 2022, Wadah bagi Voice Over Talent Indonesia

Wonder Voice Over Camp 2022, Wadah bagi Voice Over Talent Indonesia

0

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan Voice Institute Indonesia menyelenggarakan Wonder Voice Over Camp 2022. Acara ini berlangsung pada 14-15 Mei 2022 di Spacebar Audio Production dan Cut2cut Audio Production, Jakarta.

Program Wonder Voice Over Camp merupakan salah satu rangkaian panjang dari program Wonder Voice of Indonesia. Tujuan acara ini adalah meningkatkan awareness masyarakat terhadap 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia: Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. 

Dalam Wonder Voice Over Camp 2022, ada 10 peserta terpilih dari 5.900 orang yang mendaftarkan diri. Ada banyak manfaat yang didapatkan peserta Wonder Voice Over Camp 2022, seperti bootcamp, simulasi take voice over, audio production, networking ke audiopost, hingga produksi sampel voice over.

Selain Wonder Voice Over Camp yang menjadi puncak dari acara Wonder Voice of Indonesia, sebenarnya ada rangkaian kegiatan lain yang diinisiasi oleh Kemenparekraf/Baparekraf dalam memfasilitasi voice over talent Indonesia, yaitu Wonder Voice Over Challenge dan Wonder Voice From Home.

Wonder Voice Over Challenge merupakan tantangan mengisi suara salah satu dari lima video Destinasi Super Prioritas. Sedangkan Wonder Voice From Home adalah kelas daring yang berisikan materi-materi basic seputar voice over skill dan intonasi suara.

Tangkapan layar instagram voice institut indonesia, voice over talent. (Foto: dok. instagram/voiceinstitutindonesia).

Perkembangan Voice Over Talent di Indonesia

Profesi voice over talent memang kurang populer di Indonesia, meskipun kenyataannya sangat dibutuhkan di industri kreatif. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pekerjaan ini termasuk unik dan sangat menarik.

Menparekraf menyebutkan, profesi voice over talent sangat cocok untuk menyampaikan keindahan Indonesia, terutama 5 DSP, melalui produk promosi audio visual yang dapat memberikan gambaran pada masyarakat. Dengan cara ini masyarakat akan semakin tertarik untuk berkunjung ke Destinasi Super Prioritas.

Sebenarnya, keberadaan voice over talent sebagai suatu profesi kreatif di Indonesia bukanlah hal yang baru di Indonesia. Meski namanya asing di telinga, namun masyarakat sudah akrab dengan peran voice over talent sejak zaman radio. Kejayaan voice over talent semakin moncer ketika masyarakat beralih ke media televisi,

Selain menjadi dubber untuk iklan-iklan komersial, para voice over talent kala itu juga menunjukan kebolehannya dalam mengisi suara karakter animasi di layar kaca. Seiring berjalannya waktu, profesi voice over talent semakin cemerlang, karena era digital membutuhkan lebih banyak peran dari pengisi suara ini 

Karena itu, sebagai salah satu profesi yang memiliki prospek sangat baik dalam industri kreatif di Indonesia, harapannya profesi voice over talent dilirik banyak peminat dan terus maju. Alhasil nantinya profesi ini akan membuka lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja baru bagi para pelaku industri kreatif di Indonesia.

Foto Cover: Ilustrasi Wonder Voice Over Camp 2022, wadah bagi para voice over talent Indonesia. (shutterstock/chadchaikrisadapong).

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 20 Juni 2022
3378
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif