Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Menyambut Hari Wayang, Ini Fakta Menarik Seputar Wayang Indonesia

Menyambut Hari Wayang, Ini Fakta Menarik Seputar Wayang Indonesia

0

Indonesia kaya akan seni budaya tradisional yang mampu memukau siapa saja yang menyaksikannya, termasuk salah satunya adalah seni pertunjukan wayang. Tidak main-main, pasalnya wayang menjadi salah satu seni pertunjukan tradisional khas Indonesia yang telah mendunia. 

Popularitas wayang Indonesia tidak sekadar menjadi seni pertunjukan tradisional yang kerap ditampilkan di berbagai acara formal dan informal. Tapi juga menjadi salah satu materi pelajaran dan jurusan di beberapa universitas di dalam maupun luar negeri. Kesempatan tersebut tentunya menjadi salah satu media melestarikan dan mengenalkan budaya wayang di Indonesia lebih luas. 

Dalam menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh setiap 7 November, tentu tidak ada salahnya Sobat Parekraf mengenal berbagai fakta-fakta menarik tentang seni pertunjukan wayang Indonesia. Mengingat, setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai jenis wayang yang berbeda-beda yang menarik untuk diketahui. 

Untuk lebih jelasnya, berikut fakta-fakta tentang seni pertunjukan wayang khas Indonesia:

Sejarah Wayang

Wayang sudah ada di Indonesia sejak puluhan abad silam. Kata “wayang” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “bayangan”. Jika dilihat secara filsafat, wayang kerap diartikan sebagai bayangan atau cerminan sifat-sifat manusia. Mulai dari sifat murka, serakah, pelit, bijak, dan banyak lagi. Konon, cerita dan penampilan wayang menjadi alat komunikasi, pendidikan, maupun magis-religius (mitos tradisional) yang dipercaya masyarakat pada zamannya. 

BACA JUGA: Mengenal Filosofi dari Motif-Motif Batik Khas Nusantara 

Foto: Salah satu pengrajin wayang golek (Shutterstock/Febriandi Dimas Wara)

Jenis Wayang di Indonesia

Faktanya, ada banyak jenis wayang yang bisa Sobat Parekraf temukan di Indonesia. Bahkan, setiap jenis wayang di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Contohnya wayang kulit yang terbuat dari kulit sapi, kerbau, atau kambing. Biasanya, wayang kulit kerap menjadi bagian dari upacara adat. 

Kemudian ada wayang geber yang menjadi salah satu jenis wayang tertua di Indonesia. Konon, wayang ini sudah ada dan berkembang sebelum Islam masuk ke Nusantara. Selanjutnya ada wayang golek, yaitu jenis wayang yang terbuat dari boneka kayu. 

Satu lagi jenis wayang yang tidak kalah menarik adalah wayang orang. Sesuai dengan namanya, salah satu seni pertunjukan wayang ini diperankan oleh manusia secara langsung. Biasanya, pemeran wayang akan menggunakan pakaian, aksesori, dan riasan yang mirip dalam tokoh pewayangan. 

Wayang Kulit Diakui UNESCO

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya Sobat Parekraf bangga dengan keberagaman budaya wayang yang dimiliki Indonesia. Tak sekadar dikenal luas, ternyata seni pertunjukan wayang kulit di Indonesia telah diakui UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity, atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi serta warisan budaya yang indah dan berharga pada 2003.

BACA JUGA: Kemenparekraf: Pementasan Drayang Musikal Asmaradana Jadi Ajang Promosi Budaya Indonesia 

Pertunjukan Wayang Kulit di Luar Negeri

Tak hanya di Indonesia, seni pertunjukan wayang kulit sudah dikenal di berbagai negara. Terbaru adalah pertunjukan wayang kulit “Tunggu Tunggorono” yang sukses memukau penonton di Berkley, Amerika Serikat pada 2022 kemarin. Pertunjukan wayang kulit tersebut diiringi Gamelan Sari Laras, Heni Savitri, dan Darsono Hadiraharjo.

Pertunjukan wayang kulit Indonesia juga pernah ditampilkan di Kota Evry, Perancis. Uniknya, penampilan wayang kulit tersebut ditampilkan dalam bahasa Perancis. Bahkan, sebelumnya Kedutaan Besar RI di Budapest, Hongaria pernah memamerkan wayang kulit di Festival Internasional Wayang Kulit pada 2017.

Lokasi Menyaksikan Pertunjukan Wayang

Seni pertunjukan wayang banyak ditemukan di Pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Solo, Serang, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi. Biasanya, pertunjukan wayang digunakan sebagai hiburan dalam rangka upacara budaya, pernikahan, maupun festival yang bisa disaksikan secara oleh masyarakat umum. Namun, tidak menutup kemungkinan penampilan wayang kulit ditemukan di Pulau Bali maupun Kalimantan. 

Itulah beberapa fakta menarik tentang seni pertunjukan wayang khas Indonesia yang membuat kita semakin bangga, kan, Sob?

BACA JUGA: Pertunjukan Tradisional Indonesia yang Memukau di Dunia 

Cover: Ilustrasi dalang sedang tampil di pentas pertunjukan wayang kulit (Shutterstock/Pepsco Studio)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISelasa, 7 November 2023
5526
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif