Beranda >> ragam ekonomi kreatif >> 10 Novel Remaja Indonesia Peraih Best Seller
banner foto

10 Novel Remaja Indonesia Peraih Best Seller

Penerbitan

1

8 April 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
4285
Penulis tanah air tidak pernah berhenti membuktikan prestasinya. Hal ini dapat dibuktikan dari jajaran novel best seller yang mayoritas merupakan karya para penulis Indonesia. Keberhasilan novel-novel tersebut memberikan harapan besar bagi industri kreatif Indonesia subsektor penerbitan menjadi semakin dilirik.
Berikut ini merupakan 10 novel remaja Indonesia peraih best seller:
Dilan
Inilah salah satu novel remaja best seller yang punya tempat di hati masyarakat Indonesia. Novel ini ditulis oleh Pidi Baiq dengan mengedepankan gaya tutur sederhana, namun tetap segar di mata pembaca.
Ditambah, cerita novel ini juga sangat pas dengan kehidupan remaja di era 90-an. Maka tidak heran jika banyak orang yang merasa ikut bernostalgia saat membaca novel best seller ini.
Sejak pertama kali diterbitkan, novel serial “Dilan” tidak pernah turun dari rak best seller. Novel remaja ini telah terjual lebih dari 1 juta eksemplar. Keberhasilan tersebut membawa “Dilan” diangkat sebagai trilogi film dengan judul yang sama.
Teman Tapi Menikah
Setelah mengeluarkan judul novel pertamanya “Teman Tapi Menikah” yang menceritakan hubungan dua penulisnya, Ayudia dan Ditto, pasangan ini kemudian juga melansir sekuel kedua novelnya yang berjudul “Teman Tapi Menikah: Living in a Campervan”. Menariknya kisah yang diangkat dari cerita dan pengalaman nyata pasangan tersebut, berhasil menjadi novel best seller Indonesia.
Pada novel kedua ini, Ayudia dan Ditto menceritakan perjalanan mereka traveling keliling dunia bersama. Keseruan ini diambil dari daily vlog mereka di YouTube, di mana mereka bepergian dan berkeliling di luar negeri menggunakan campervan.
Sunshine Becomes You
Novel dari penulis lokal, Ilana Tan ini berhasil mendapat predikat novel best seller Indonesia. Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama sejak 2012, _“Sunshine Becomes You”_sudah dicetak ulang lebih dari 10 kali dalam 3 tahun.
Novel ini memiliki alur yang baik, karena menggambarkan ekspresi tokoh sehingga membuat kita yang membacanya larut pada alur novel ini. Selain itu, novel best seller ini juga memberikan identitas yang lengkap pada tokoh. Karena hal itulah, membuat novel ini menjadi lebih mudah dituangkan dalam film layar lebar pada Desember 2015 silam.
The Star and I
Masih dari karya Ilana Tan, novel best seller ini melanjutkan kisah trilogi New York; lewat novel best seller “Sunshine Becomes You” (2012) dan “In A Blue Moon” (2015).
Novel ini bercerita tentang seorang aktris teater, Olivia Mitchell, berada di New York untuk pekerjaan dan ingin mencari tahu keberadaan orang tua kandungnya. Menariknya, novel ini sukses membuat penggemar Ilana Tan menyerbu pre-order pada akhir tahun 2020 lalu. Hingga saat ini, novel ini masih terus dicari oleh para pembaca setianya.
Geez & Ann
Bermula dari laman Wattpad, Nadhifa Allya Tsana atau Rintik Sedu menulis novel serial “Geez & Ann”. Sama seperti dua novel remaja sebelumnya, novel karya Tsana ini juga berhasil membuktikan kesuksesannya di kancah industri kreatif tanah air.
Geez & Ann cukup lama bertengger dalam rak buku best seller, bahkan hingga hari ini. Berkat kesuksesan tersebut tidak heran kalau novel ini terbit dalam beberapa sekuel, yaitu “Geez & Ann 1”, “Geez & Ann 2”, dan “Geez & Ann 3”. Bahkan, hingga dibuatkan film pada 2020 lalu.
Ganjil Genap
Novel best seller selanjutnya adalah karya Almira Bastari berjudul “Ganjil Genap”. Novel ini meraup kesuksesan besar di pasar tanah air. Almira Bastari terkenal dengan gaya penceritaan yang sederhana, namun sesekali menggunakan bumbu-bumbu komedi yang segar. Menariknya, novel remaja best seller “Ganjil Genap” sukses terjual hingga 700 eksemplar hanya dalam waktu 10 menit!
Matt and Mou
Serupa dengan “Geez & Ann”, novel best seller yang ditulis oleh Wulanfadi ini juga diangkat dari cerita Wattpad populer. “Matt & Mou” pertama kali dirilis pada 2016 oleh penerbit Gagas Media.
Novel best seller Matt & Mou bergenre romantis ini menceritakan persahabatan yang berujung jatuh cinta. Lama bertengger di rak best seller, membuat novel best seller ini dilirik produser kenamaan, Manoj Punjabi, untuk dibuat dalam format film layar lebar pada 2019 lalu.
Serendipity
Bergenre romantis, novel best seller karya Erisca Febriani berjudul “Serendipity” ini laku keras di pasaran. Novel remaja ini awalnya diterbitkan dalam aplikasi Wattpad dan dibaca oleh lebih dari 12 juta pengguna aplikasi, sementara bukunya terjual 40 ribu eksemplar. Kepopuleran novel remaja “Serendipity” di kalangan pembaca, membuatnya diangkat sebagai sebuah film.
Dignitate
Cerita yang telah dibaca lebih dari 10 juta kali di Wattpad ini menarik minat banyak penerbit untuk merilisnya dalam bentuk novel. Sesuai harapan, novel remaja karya Hana Margaretha yang diterbitkan pada 2017 ini berhasil masuk jajaran novel best seller Indonesia. Tidak berhenti di situ, “Dignitate” juga masuk sebagai jajaran novel yang diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar.
Dear Nathan
Menyusul novel best seller “Serendipity”, “Dear Nathan” mendapatkan prestasi yang tidak kalah cemerlang. Novel remaja yang juga ditulis Erisca Febriani ini bermula dari aplikasi Wattpad. Dalam aplikasi tersebut, Dear Nathan telah dibaca lebih dari 20 juta pengguna aplikasi. Kesuksesan novel best seller yang dirilis pada 2015 ini juga diadaptasi dalam bentuk layar lebar dengan judul yang sama pada 2017.
Foto Cover: Ilustrasi buku Best Seller di Toko Buku. (Shutterstock/Doni Sahputra, edited)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Transformasi Musik Dangdut dari Masa ke Masa

rekomendasi berita

Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif di Indonesia

rekomendasi berita

Indonesia Bersiap Menjadi Destinasi Fashion Muslim Dunia