Prospek pariwisata Indonesia itu sangat bagus, karena perjalanan itu takkan berhenti.
0
Bagikan

Prospek pariwisata Indonesia itu sangat bagus, karena perjalanan itu takkan berhenti.

“Saya Andi Bagistav Oddek, biasa dipanggil Andi. Saya Alumni Poltekpar NHI Bandung tahun 2001. Sekarang saya di rumah kedua saya yaitu di Bandung, Courtyard Hotel by Marriot Bandung Dago. Waktu saya berkuliah di NHI Bandung, jurusan saya Manajemen Bisnis Perjalanan program D-4. Ilmu yang saya dapatkan selama berkuliah di Poltekpar sangat kepakai ya, karena fundamental atau pondasi saya sehingga saya bisa berada di mana saya sekarang. Selama hampir 20 tahun di industri hospitality atau dunia perhotelan itu sangat-sangat berguna untuk saya, terutama sikap atau attitude yang ditanamkan dulu, karena kita sebagai penyedia jasa memang tidak semua orang bisa menjalani hal itu. Tapi kemampuan itu dipoles pada saat saya di Poltekpar NHI, dan apa yang saya dapatkan itu ternyata saya dapatkan di rumah juga. Disiplin, respect kepada kolega, respect kepada senior, juga kepada tenaga pengajar pada saat saya disana, pada saat kita mempresentasikan diri kita, bagaimana kita memvisualisasikan diri kita kepada orang lain, itu saya dapatkan ketika saya di Poltekpar NHI.”

 

“Untuk prospek kedepannya kepariwisataan indonesia itu di dunia sangat besar, karena pada dasarnya perjalanan itu takkan pernah berhenti. Pada hakikatnya kegiatan perjalanan itu pasti akan ada, konsep yang sangat bagus pada saat saya pelajari di dunia perhotelan kita tidak lagi bergerak pada penyedia jasa akomodasi, tapi kita bersikap sebagai duta besar terhadap destinasi tersebut dimanapun kita berada. Pada dasarnya kita melakukan perjalanan dan ada saya sebagai pekerja hotel dimana dimana otomatis saya adalah keluarga terdekat tamu hotel. Jadi bagaimana caranya saya bisa membangun kredibilitas saya sebagai keluarga terdekat kalian? Itu adalah visi misi kita, sehingga dapat membuat hotel kami ini menjadi rumah kedua bagi customer kami.”

 

“Perkembangan sekarang dengan jurusan di cabang-cabang, dari hotel, di tata hidang, produksi makanan di patiseri, lalu habis itu juga ada divisi kamar, ada hotel administration, dan juga ada jurusan perjalanan, ada pengembangan objek wisata, dan segala macamnya itu punya kolamnya masing-masing. Yang paling penting dari konsep tersebut adalah pesan yang mau disampaikan. Poltekpar NHI memberikan pesan kepada calon mahasiswa dan mahasiswi untuk tidak mengkotakkan diri mereka. Itu dimulai dari mulai kampus, bukan di tempat kerja saja. Di hotel sudah sangat jelas. Ini salah satu industri yang di mana kita tidak mengkotakkan manusianya. Kita bisa lintas departemen, kita bisa lintas divisi jika memang mau. Bukan suatu yang tidak mungkin, misalnya dari seorang engineering menjadi GM. Bukan sangat tidak mungkin dari seorang yang departemen kepersonaliaan atau human resources menjadi seorang GM.”

 

“Jadi yang membuat Poltekpar NHI namanya seperti sekarang pun dan tetap harum seperti sekarang, yang pasti karena budaya yang ditanamkan etos kerjanya, yang ditanamkan jadi fundamental atau pondasi yang ditanamkan di sana terlepas jurusan apapun. Jadi kembali lagi untuk pesan dari saya sih bagi yang ingin mendevelop dan juga mengenal lebih jauh mengenai dunia hospitality, membuat diri kita menjadi versi yang lebih baik. Salah satunya adalah tempat bermainnya di Poltekpar NHI.”

 

“So, untuk teman-teman yang ingin cepat kerja atau berwirausaha, kuliah di Poltekpar saja.”

Andi Bagistav Oddek (2).jpg
Kemenparekraf / Baparekraf
Humas Polktepar NHI BandungSabtu, 3 Juni 2023
1651

Artikel Terkait

Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangKamis, 3 Agustus 2023
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar LombokRabu, 2 Agustus 2023
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif