Edurecreation Bikin Kampus Poltekpar Bali Bisa Jadi Tempat Healing, Yuk Cari Tahu!
0
Bagikan

Edurecreation Bikin Kampus Poltekpar Bali Bisa Jadi Tempat Healing, Yuk Cari Tahu!

Sudah pernah mendengar istilah Edurecreation sebelumnya? Nah, ternyata edurecreation ini istilah baru yang muncul dari singkatan education & recreation. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan kampus Poltekpar Bali yang membuat suasana belajar di kampus dibuat senyaman dan semirip mungkin dengan suasana saat berekreasi. Nah karena dunia pariwisata memang kerap dengan liburan, hotel dan hiburan, jadilah kampus Poltekpar Bali dibuat layaknya kita ingin berwisata sungguhan. Kampus Poltekpar Bali memiliki fasilitas hotel, kolam renang, cafétaria hingga tempat untuk berolahraga.

“Konsep yang kita kembangkan untuk kampus Poltekpar Bali kita sebut edurecreation. Sambil belajar kita bangun kampus agar anak-anak bisa merasakan rekreasi di dalam kampus. Di dalam pembangungan dan pengembangan kampus kita buat tematik dan menarik bagi mahasiswa,” jelas Drs. Ida Bagus Putu Puja, M. Kes selaku Direktur Poltekpar Bali.

Tema Edurecreation ini dirasakan langsung oleh mahasiswa Poltekpar Bali, Bagus Yoga Saputra yang saat ini sedang berkuliah di semester 6. Menurut Bagus, fasilitas yang ada di  kampus Poltekpar Bali benar-benar lengkap, malah seperti belajar di hotel setiap hari. Selain itu, peluang untuk terlibat di event-event nasional mau pun international terbuka lebar karena Poltekpar berada di bawah Kemenparekraf. Jadi mahasiswa Poltekpar selalu diajak untuk ikut berpartisipasi  di event-event Kemenparekraf.

“Selain mendapatkan relasi dengan perhotelan, yang kita pelajarin di kampus juga benar-benar linear dengan apa yang ada di dunia kerja. Poltekpar Bali sebisa mungkin menyusun studi yang paling mendekati  dengan industri. Begitu teman-teman selesai kuliah, maka akan langsung bisa diterima di industri karena sudah terbiasa. Dari Kemenparekraf juga sangat mendukung kewirausahaan dan kita ada program tersendiri untuk wirausaha. Jadi sambil kuliah bisa mengembangkan skill berwirausaha juga,” kata Bagus dengan bersemangat.

Hal ini juga dibenarkan Wayan Ayu Sintiami Widyanthi sebagai mahasiswi Manajemen Akuntansi Hospitaliti Poltekpar Bali. Menurut Ayu, yang membuatnya sangat bersyukur bisa berkuliah di Poltekpar adalah banyaknya kegiatan PKL atau Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan baik di dalam kota mau pun di luar kota Bali. Ayu dan teman-teman di jurusan Manajemen Akuntansi Hospitaliti baru saja pulang PKL dari Bandung.

“Jadi kita setiap semester itu ada program PKL, bisa di Bali mau pun di luar Bali. Biasanya kita menginap di hotel selama 3 hari 2 malam dan ini semua ditanggung kampus. Setiap kita ke hotel kita dapat sosialisasi dari pihak manajemen hotel jadi kita juga bisa belajar dari mereka. Dengan biaya 2,5 juta per semester kita sudah bisa nikmatin semua fasilitas ini menurut aku luar biasa,” ungkap Ayu.

 

Poltekpar Bali juga membuka kesempatan magang di luar negeri mulai dari Amerika. Australia hingga negara-negara Eropa. Bahkan saat ini Poltekpar Bali sedang bekerja sama dengan Goethe Institute untuk memberikan kursus Bahasa Jerman bagi mahasiswa Poltekpar. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Jerman siswa Poltekpar Bali sebagai syarat bekerja di Jerman, di mana saat ini Jerman membutuhkan harmpir 2.000 ribu tenaga kerja di bidang pariwisata dari Indonesia. 

Bagus Yoga Saputra (Mahasiswa).jpegWayan Ayu Sintiami Widyanthi (mahasiswa).jpegDrs. Ida Bagus Putu Puja, M. Kes (direktur).jpeg
Kemenparekraf / Baparekraf
Humas Poltekpar BaliKamis, 1 Juni 2023
1283

Artikel Terkait

Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangKamis, 3 Agustus 2023
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar LombokRabu, 2 Agustus 2023
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif