Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Fakta Menarik Pariwisata Indonesia, Banyak Diakui Dunia

Fakta Menarik Pariwisata Indonesia, Banyak Diakui Dunia

2

Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar. Hal ini bisa dilihat dari sektor pariwisata Indonesia yang terus maju dan berkembang sangat pesat. Bahkan, perkembangan sektor pariwisata yang sangat pesat semakin terlihat dari banyaknya pencapaian Indonesia yang telah diakui dunia. 

Banyaknya pencapaian pariwisata Indonesia seakan menjadi kado terindah dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023. Ke depannya, pencapaian ini dapat membangkitkan sektor pariwisata agar terus melaju untuk Indonesia maju.

Di bulan kemerdekaan ini, sangat disayangkan kalau Sobat Parekraf tidak mengenal pariwisata Indonesia dengan baik. Itu mengapa, tidak ada salahnya kita coba mencari tahu dan mengenali fakta tentang pariwisata Indonesia secara mendalam. Berikut deretan fakta-fakta menarik tentang pariwisata Indonesia:

Indonesia negara paling ramah

Alasan banyak wisatawan mancanegara betah liburan di Indonesia tidak hanya karena kagum dengan keindahan destinasi wisata alam saja. Tapi juga berkat sikap ramah “tuan rumah” dalam menyambut wisatawan. Saking ramahnya, Indonesia masuk daftar negara paling ramah di dunia berdasarkan survei Expat Insider 2022 versi Internations!

Terpilih sebagai salah satu negara paling ramah di dunia sebenarnya masuk akal. Mengingat, Indonesia memiliki budaya senyum dan sapa yang masih terus melekat di setiap masyarakat. 

BACA JUGA: Menparekraf: Indonesia Berpotensi Besar Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Sport Tourism Dunia 

Banyak spot selam dunia

Kalau membahas keindahan alam, Indonesia adalah juaranya. Tak hanya dikelilingi pemandangan gunung dan bukit, Indonesia juga kaya akan pemandangan alam bawah laut yang mendunia. Saking indahnya, tidak heran kalau bawah laut Indonesia disebut surga diving.

Ada banyak spot selam di Indonesia yang telah diakui dunia, Contohnya di Pulau Misool, Raja Ampat. Salah satu surga di Timur Indonesia ini memiliki sepertiga karang dunia. Itu mengapa, kita dapat menemukan banyak biota laut di bawah laut Pulau Misool, seperti: berbagai jenis ikan hias, penyu, hiu, dan terumbu karang. 

Selain itu, masih banyak spot selam di Indonesia yang telah diakui dunia dan menjadi incaran wisatawan mancanegara, antara lain: Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara; Wakatobi, Sulawesi Tenggara; dan Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Foto: Salah satu spot surfing di Bali (Shutterstock/William.Visuals)

Spot selancar dunia 

Fakta pariwisata selanjutnya adalah Indonesia menjadi spot selancar dunia. Bukan hanya karena memiliki banyak spot surfing yang menantang, ternyata banyak spot selancar di Indonesia yang kerap menjadi tuan rumah kejuaraan surfing internasional.

Salah satu spot selancar di Indonesia yang kerap digunakan sebagai destinasi sport tourism untuk memacu adrenalin adalah Pantai Plengkung atau G-land Banyuwangi. Tantangan yang selalu bikin peselancar ketagihan adalah gulungan ombak yang mencapai 6-8 meter di G-land Banyuwangi.

Kalau ingin yang lebih menantang lain, Sobat Parekraf bisa mengunjungi Pantai Suluban Bali, Pantai Sorake Nias, Pantai Tanjung Setia Lampung, atau Pulau Nihiwatu di Sumba Barat. 

BACA JUGA: Spot Surfing Terbaik Kelas Dunia yang Ada di Indonesia 

Ubud, tempat healing andalan

Tak hanya destinasi sport tourism terbaik untuk memacu adrenalin, pariwisata Indonesia juga punya tempat terbaik untuk healing. Termasuk salah satunya adalah kawasan Ubud, Bali sebagai tempat healing andalan wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran. 

Ada banyak tempat wisata di Ubud yang cocok untuk healing, satu di antaranya Terasering Tegalalang. Tempat wisata yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan hamparan sawah hijau berundak. Bukan hanya menyegarkan mata, suasana asri khas Ubud membantu menenangkan pikiran dan “menghapus” beban di pundak.

Bali jadi destinasi terbaik 

Satu lagi fakta pariwisata Indonesia yang tidak kalah menakjubkan: Bali menjadi salah satu destinasi terpopuler dunia. Bali dinobatkan sebagai destinasi terpopuler kedua di dunia 2023, mengungguli London dan Paris dalam Travelers’ Choice Award for Destinations versi TripAdvisor. 

Hebatnya lagi, menurut survei dari perusahaan operator perjalanan dan pariwisata asal Perancis, Club Med, Bali dinobatkan sebagai The World’s Happiest Holiday Destination in 2022. Adanya penghargaan tersebut membuktikan jika Bali menjadi destinasi terbaik untuk menikmati liburan dengan bahagia dan bebas stres. 

Itulah 5 fakta tentang pariwisata Indonesia yang penting Sobat Parekraf ketahui. Sangat membanggakan, bukan?

BACA JUGA: Bali Masuk 10 Destinasi Terpopuler Dunia Versi TripAdvisor Ungguli London dan paris 

Cover: Keindahan alam di Ubud Bali(Shutterstock/CherylRamalho)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 14 Agustus 2023
20492
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif