Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Testimoni Alumni Poltekpar, Sukses Mencetak SDM Unggul dan Berkualitas

Testimoni Alumni Poltekpar, Sukses Mencetak SDM Unggul dan Berkualitas

0

Bagi Sobat Parekraf yang ingin mengembangkan karier di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), kuliah di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) adalah pilihan tepat. Sekadar informasi, Poltekpar merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Terdapat enam Poltekpar yang tersebar di seluruh Indonesia, yakni Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok. Masing-masing Poltekpar memiliki program studi (prodi) unggulan, beberapa di antaranya: Divisi Kamar, Tata Hidang, Seni Kuliner, Seni Pengolahan Patiseri, Pengelolaan Perhotelan, Pengelolaan Konvensi dan Acara, Usaha Perjalanan Wisata, serta Pengelolaan Usaha Rekreasi.

Poltekpar terus mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas. Tak melulu bekerja di bidang perhotelan, banyak lulusan terbaik Poltekpar seluruh Indonesia bekerja di berbagai bidang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Baik itu menjadi konsultan restoran, kepala dinas, hingga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas.

Berikut beberapa testimoni alumni Poltekpar dari seluruh Indonesia yang sukses meniti karier di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa Sobat Parekraf jadikan inspirasi:

Zumri Sulthony - Alumni Poltekpar Medan

Merupakan alumni Poltekpar Medan (1992) yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Sumatra Utara. Alumni perguruan tinggi yang dahulunya masih bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Medan (BPLP) ini mengambil program studi Manajemen Divisi Kamar.

Setelah dinyatakan lulus pada 1995, Zumri Sulthony langsung bekerja di perhotelan, dan menduduki posisi supervisor. Tak hanya di satu hotel, alumni Poltekpar Medan ini juga sempat bekerja di berbagai hotel di dalam dan luar negeri. Dibekali berbagai materi tentang hospitality dan knowledge yang luas, akhirnya membawa salah satu alumni kebanggaan Poltekpar Medan ini terpilih menjadi Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif di Provinsi Sumatra Utara sejak 2021.

Ilustrasi: Proses belajar di Poltekpar Lombok (Dok. Poltekpar Lombok/ppl.ac.id)

Novi Samodro - Alumni Poltekpar NHI Bandung

Poltekpar NHI Bandung juga sukses menghasilkan banyak alumni berkompeten. Salah satunya adalah Novi Samodro, yang saat ini menjabat sebagai General Manager Gaia Hotel, Bandung. 

Alumni Poltekpar NHI Bandung angkatan 1988 ini memulai karier sebagai Guest Relation di salah satu hotel di Bali. Lalu, alumni Poltekpar yang mengambil jurusan Pastry and Bakery Production ini meniti karier di berbagai hotel berbintang di Indonesia, sebelum akhirnya menjadi General Manager.

Menurutnya, kesempatan menjadi pemimpin di sebuah hotel ini tidak bisa lepas dari “bekal” kepemimpinan yang ditanamkan selama berkuliah di Poltekpar. Belum lagi, adanya job training di hotel selama kuliah di Poltekpar menjadi nilai tambah agar menonjol di persaingan dunia kerja yang ketat. 

BACA JUGA: Program Studi di Enam Poltekpar Indonesia

Diah Sastri Pitanatri - Alumni Poltekpar Bali

Lulusan program studi Administrasi Perhotelan, Diah Sastri Pitanatri, juga menjadi salah satu alumni Poltekpar Bali yang membanggakan. Saat ini, alumni Poltekpar 2003 ini menjabat sebagai dosen di Poltekpar Bali.

Bagi Diah, berkuliah di Poltekpar Bali merupakan kesempatan yang luar biasa. Pasalnya, seluruh alumni kampus terpionir di Asia Tenggara ini berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Bahkan, seluruh lulusan dibekali ilmu dan karakter yang baik sebagai hotelier maupun entrepreneur

Tammy Helen Rotty - Alumni Poltekpar Makassar

Sebagai alumni Poltekpar Makassar (Akademi Pariwisata Makassar), Tammy Helen Rotty mengakui kesempatan bekerja setelah lulus kuliah dari Poltekpar sangat besar. Terbukti dari jenjang karir alumni Poltekpar satu ini yang terus meningkat.

Mengambil program studi Room Division membawanya langsung bekerja di Hotel Sahid Makassar setelah lulus. Seiring berjalannya waktu, ia pun berkesempatan menjabat sebagai General Manager Aston Makassar sejak 2020. Baginya, kesuksesan yang diperolehnya sampai saat ini tidak bisa dilepaskan dari peran Poltekpar. Pasalnya, semua ilmu yang didapatkan semasa kuliah sangat berguna selama bekerja di perhotelan.

BACA JUGA: Menparekraf Dorong Mahasiswa Poltekpar Makassar Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Parekraf Sulsel

Irsyadul Fikri - Alumni Poltekpar Palembang

Selain di bidang perhotelan, alumni Poltekpar juga ada yang sukses meniti karier di bidang kuliner. Adalah Irsyadul Fikri, alumni Poltekpar Palembang angkatan 2016. Mengambil jurusan seni kuliner, lulusan angkatan pertama di Poltekpar Palembang ini menjabat sebagai Consultant Restaurant

Kesuksesannya tidak bisa dipisahkan dari teori dan praktik yang didapatkan selama berkuliah. Mulai dari memahami teknik memasak yang tepat, hingga mempelajari manajemen restoran lebih dalam. Baginya, kemampuan dan keahlian yang didapatkan selama kuliah menjadi nilai plus saat bersaing di dunia kerja. 

Afwan Abrory - Alumni Poltekpar Lombok

Banyak alumni Poltekpar yang memilih berwirausaha dan membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Salah satunya dilakukan oleh Afwan Abrory. Alumni Poltekpar Lombok ini sudah mulai bekerja sejak masa kuliah di 2018 sebagai Junior Barista di salah satu kafe di Mataram. Selesai kuliah, Afwan Abrory melanjutkan karier sebagai Quality Control di salah satu perusahaan Food & Beverages terbesar di Arab Saudi. 

Kembali ke Indonesia, ia memilih membuka coffee shop sendiri. Tak hanya sekadar tempat ngopi, coffee shop yang dibangun alumni Poltekpar Lombok ini mengusung konsep art space. Sehingga, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pengalaman unik bagi para pengunjung yang hadir. 

Terbukti melahirkan banyak sumber daya alam unggulan dan berkualitas, tentu kuliah di Poltekpar adalah pilihan yang tepat. Mau cepat dapat kerja atau berwirausaha? Kuliah di Poltekpar aja!

Cover: Ilustrasi kegiatan mahasiswa prodi Kepariwisataan di Poltekpar Makassar (Dok Poltekpar Makassar/poltekparmakassar.ac.id)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 5 Juni 2023
4382
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif