Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf: Potensi Ekonomi Sektor Parekraf saat Mudik Lebaran Capai Rp335,3 Triliun

Siaran Pers: Menparekraf: Potensi Ekonomi Sektor Parekraf saat Mudik Lebaran Capai Rp335,3 Triliun

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf: Potensi Ekonomi Sektor Parekraf saat Mudik Lebaran Capai Rp335,3 Triliun

Momen mudik dan libur lebaran 2023 jadi lokomotif kebangkitan ekonomi tanah air

Jakarta, 2 Mei 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan potensi ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pada momen mudik dan libur lebaran tahun 2023 diproyeksikan mencapai Rp335,3 triliun, menjadikan sektor parekraf sebagai lokomotif kebangkitan ekonomi tanah air.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kegiatan "The Weekly Brief With Sandi Uno" yang berlangsung secara hybrid, Selasa (2/5/2023), mengatakan, Kemenparekraf/Baparekraf melakukan kajian Pemetaan Preferensi Aktivitas Wisatawan Nusantara Selama Libur Lebaran 2023 melalui survei secara online.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kegiatan "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Selasa (2/5/2023), mengungkapkan potensi ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada momen mudik dan libur lebaran tahun 2023 mencapai Rp335,3 triliun.

Dari hasil survei yang dilakukan sejak 31 Maret hingga 28 April 2023, diketahui rata-rata pengeluaran wisatawan selama libur lebaran 2023 mencapai Rp2.708.732. Lebih tinggi dari data awal yang diperkirakan hanya sebesar Rp1,9 juta.

Jumlah tersebut jika dikalikan dengan prediksi Kementerian Perhubungan terkait potensi pergerakan nasional saat mudik lebaran tahun 2023 ini sebesar 123,8 juta orang, maka proyeksi perputaran ekonomi diperkitakan mencapai Rp335,3 triliun.

"Selama periode lebaran kami tidak tinggal diam, kami bekerja mengawasi, memantau, dan menyelesaikan beberapa kajian pemetaan preferensi aktivitas wisatawan nusantara selama libur lebaran 2023. Total responden ada 1.045, dan dari perolehan data menunjukkan rata-rata pengeluaran selama libur lebaran 2023 mencapai Rp 2.708.732," ujar Menparekraf Sandiaga.

Foto: Ilustrasi

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, dari rata-rata pengeluaran tersebut, komposisi terbesar digunakan untuk transportasi sebesar 23,4 persen, kemudian akomodasi 22 persen, makan dan minum sebesar 20 persen, serta suvenir/cendera mata sebesar 14 persen. 

"Kami akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Bank Indonesia, BPS, Kemenhub, dan Pemda untuk memastikan perputaran ekonomi hingga Rp335,3 triliun ini akan betul-betul berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat," kata Sandiaga. 

Adapun untuk top 10 destinasi yang dikunjungi wisatawan nusantara selama libur lebaran di antaranya Malioboro, Ciwidey, Lembang, Puncak-Bogor, Borobudur, dan Dieng. Selain itu juga Pangandaran, Kebun Binatang Ragunan, Ancol, serta Pemandian Guci Tegal.

Foto: Ilustrasi

"Data-data tersebut menunjukkan momen mudik dan libur lebaran tahun 2023 terbukti mampu menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi di tanah air," ujar Sandiaga.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu data resmi dari kementerian/lembaga terkait realisasi jumlah pergerakan mudik masyarakat.

"Nanti dari jumlah itu, baru akan kami kalikan dengan jumlah rata-rata pengeluaran yang kami dapatkan dari pemetaan yang kami lakukan. Jadi sementara kita punya angka ini, nominal spending yang kita lakukan berdasarkan survei," ujar Nia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/BaparekrafRabu, 3 Mei 2023
1536
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif