Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Dukung Penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 di Bali

Siaran Pers: Menparekraf Dukung Penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 di Bali

1

SIARAN PERS


KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF


Menparekraf Dukung Penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 di Bali


Sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya


Jakarta,  29 Agustus 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penyelenggaraan “Indonesia Esports Summit 2022: Bali 14th World Esports Championship” yang akan dilaksanakan di Bali pada 2-11 Desember 2022. 


Menparekraf Sandiaga Uno saat “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (29/8/2022), menyampaikan bahwa penyelenggaraan ‘Indonesia Esports Summit 2022: Bali 14th World Esports Championship’ secara langsung berpartisipasi dalam pencapaian target 1,1 juta lapangan kerja di 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.


E-sports Summit merupakan perayaan tahunan ekosistem e-sports Indonesia yang diprakarsai oleh Pengurus Besar E-sports Indonesia dan melibatkan semua pemangku e-sport Indonesia mulai dari game publisher, pengembang gim, pro-team, atlet, influencer, brand, komunitas, media, dan gim lokal serta indie tanah air.



“Ini menarik, karena pariwisata indonesia sudah mulai pulih tapi kalau dilihat Bali, data-data metrik yang kita ikuti, Bali ini belum pulih sepenuhnya. Sementara, Yogyakarta, Bandung, ini jauh sudah lebih pulih. Di Bali ini tingkat hunian hotel ini sangat kurang, jadi kami mengapresiasi ini,” kata Menparekraf Sandiaga. 


Sandiaga menyampaikan event ini juga menjadi bukti nyata perkembangan e-sport di Indonesia. Esports menyediakan banyak peluang bagi generasi muda untuk berkarya dan berkarir. 


“Selain menjadi sebuah cabang olahraga prestasi, komunitas e-sport di Indonesia juga telah berkembang menjadi sebuah lifestyle dan culture bagi generasi muda,” kata Sandiaga. 


Sementara itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Neil El Hilman, menyampaikan Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan gim buatan anak bangsa. Kemenparekraf akan terus mengembangkan ekosistem tersebut. 



“Yang kita butuhkan kedepannya untuk membangun ekosistem tadi supaya gim-gim kita akhirnya bisa digunakan di luar sana dan bisa dipertandingkan secara internasional,” kata Neil. 


Direktur Event Indonesia Esports Summit 2022, Diana Sutrisno, menyampaikan Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi kegiatan e-sport outdoor terbesar di dunia. Para partisipan akan mengikuti kegiatan e-sport sembari menikmati keindahan pantai dan pesona alam Bali yang indah. 


“Kita di sini pertama kalinya event terbesar e-sport terbesar di dunia, kita mendatangkan 120 negara dengan 700 atlet bertanding offline di Bali. Ini acaranya kita mengambil challenge di outdoor, untuk pertama kalinya e-sport Indonesia pertandingannya di outdoor, kali ini kita bikin di pantai, karena sayang kita ada pantai ada pemandangan yang harus dilihat,” kata Diana. 


Diana meyakini Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer e-sport dunia.



Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Neil El Hilman. 



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISelasa, 30 Agustus 2022
1341
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif