Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Apresiasi Gekrafs Turut Mengawal Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia

Siaran Pers: Menparekraf Apresiasi Gekrafs Turut Mengawal Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia

0

SIARAN PERS


KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 


Menparekraf Apresiasi Gekrafs Turut Mengawal Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia


Jakarta, 27 Maret 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi peran dan kontribusi dari Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) sebagai organisasi komunitas yang turut mengawal pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia. 

Menparekraf Sandiaga saat menutup acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-5 dan Silaturahmi Nasional Gekrafs 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (27/3/2024), mengatakan perkembangan sektor ekonomi kreatif terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB nasional pada tahun lalu mencapai Rp1.419 triliun. 


"Angka ini menempatkan Indonesia berada di peringkat ketiga besar dunia. Kita satu kelas dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan," kata Menparekraf Sandiaga. 


Dari besaran nilai tersebut, Menparekraf Sandiaga mengatakan, kuliner, kriya, dan fesyen masih menjadi tiga subsektor andalan. 


Menparekraf Sandiaga kemudian mendorong peran lebih kuat dari Gekrafs bersama pemerintah dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif tanah air. 

Terlebih di tahun 2024 target dari capaian ekonomi kreatif juga meningkat. Mulai dari nilai tambah ekonomi kreatif sebesar Rp1,347 triliun, nilai ekspor produk ekonomi kreatif sebesar 17,38 miliar dolar AS, juga jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif mencapai 24,34 juta orang. 


"Ada 14 subsektor (ekonomi kreatif) lainnya. Saya berharap kita terus bersemangat dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," kata Sandiaga. 


Gekrafs Kampus 


Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga juga meresmikan peluncuran Gekrafs Kampus yang didirikan sebagai wadah komunikasi, konsultasi, fasilitator, inkubasi, dan kemitraan bagi pelajar dan mahasiswa pegiat gerakan kreatif nasional yang terintegrasi dan komprehensif. 

Melalui program ini Gekrafs ingin memberikan pemahaman lebih jauh tentang ekonomi kreatif kepada mahasiswa di seluruh kampus tanah air. 


"Saya ucapkan selamat kepada Gekrafs Kampus yang akan menginfiltrasi kampus-kampus dengan virus ekonomi kreatif," kata Sandiaga. 


Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto. 



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIRabu, 27 Maret 2024
1592
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif