Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Kemenparekraf Kolaborasi Dengan Kemenhub Luncurkan Program Mudik Gratis

Siaran Pers: Kemenparekraf Kolaborasi Dengan Kemenhub Luncurkan Program Mudik Gratis

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kemenparekraf Kolaborasi Dengan Kemenhub Luncurkan Program Mudik Gratis

Sebagai uapaya membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya

Jakarta, 3 April 2023 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan program mudik gratis bagi masyrakat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparerkaf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (3/4/2023) mengatakan sebagaimana dituliskan dalam SKB 3 Menteri tentang hari libur dan cuti bersama tahun 2023 menjelang Idul Fitri, cuti bersama ditetapkan tanggal 19 – 25 April 2023 atau selama 7 Hari.

“Potensi pergerakan nasional saat mudik lebaran tahun 2023 sejumlah 123,8 juta orang, dengan 3 prosentase moda transportasi terbanyak menggunakan mobil pribadi 22,07 persen, sepeda motor 20,30 persen, dan bus 18,39 persen,” katanya.

Berdasarkan data, daerah asal perjalanan terbanyak yaitu Jawa Timur 17,1 persen, Jawa Tengah 15,1 persen, Jabodetabek 14,8 persen, Jawa Barat (Non Bodetabek) 12,1 persen, dan Sumatra Utara 3,6 persen.

Sedangkan untuk daerah tujuan perjalanan terbanyak Jawa Tengah 26,45 persen, Jawa Timur 19,87 persen, Jawa Barat (Non Bodebek) 16,73 persen, Jabodetabek 6,52 persen, dan DI Yogyakarta 4,78 persen.

“Banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat. Ini merupakan solusi yang membantu bagi masyarakat. Kami ucapkan apresiasi yang luar biasa. Saya berpesan gunakan fasilitas mudik

gratis ini dengan penuh tanggung jawab, jangan sampai mendaftar berkali-kali agar penyerapan kursi yang tersedia bisa optimal 100 persen. Dan ini kita harapkan memberikan langsung program yang tepat sasaran tepat manfaat kepada para pemudik,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan Kemenparekraf menargetkan 25 persen atau sekitar 300 juta-350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini akan tercapai.

“Kita ditargetkan 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Bulan ini ditargetkan 143,1 juta pergerakan gimana cara mendapatkannya yaitu kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan yang membuat program mudik gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto mengatakan, Kemenhub sudah mulai membuka pendaftaran mudik gratis. Sebanyak 858 bus disiapkan untuk 24.072 penumpang. Khusus pemudik bermotor, Kemenhub menyiagakan 30 truk dengan kapasitas 900 motor. 

Pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi MitraDarat. Pengguna perlu mengunduh aplikasi Mitra Darat melalui App Store ataupun Play Store. Setelah itu, peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar seperti kartu tanda penduduk (KTP).

“Masyarakat yang hendak mendaftar mudik gratis dapat mengakses secara online dengan mengunduh aplikasi Mitra Darat. Pendaftaran mudik gratis dibuka hingga 14 April 2023 atau sampai kuotanya habis,” katanya.

Suharto juga berharap kepada Kementerian/Lembaga atau pihak swasta yang saat ini menyelenggarakan mudik gratis dan belum melaporkan terkait ini. 

“Saya berharap masyarakat menggunakan armada yang sesuai regulasi yaitu mempunyai persyaratan teknis dan laik jalan, jangan segan-segan untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi kami Spionam. Karena nantinya masyarakat mendapat kepastian terkait armada yang benar-benar laik jalan,” katanya.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf.


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISelasa, 4 April 2023
2658
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif