Beranda >> ragam pariwisata >> Private Picnic Jadi Solusi Liburan Aman Bersama Keluarga di Era Pandemi
banner foto

Private Picnic Jadi Solusi Liburan Aman Bersama Keluarga di Era Pandemi

Pariwisata

0

21 Oktober 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
51
Dampak pandemi COVID-19 cukup berat, terutama bagi industri pariwisata Indonesia. Kondisi inilah yang kemudian mengharuskan para pelaku industri pariwisata Indonesia terus melakukan berbagai macam inovasi, agar tetap bertahan dan bangkit di tengah pandemi seperti saat ini.
Saat ini tren pariwisata Indonesia juga sudah mulai bergeser. Kalau sebelumnya kita bisa dengan bebas liburan ke berbagai destinasi wisata di dalam dan luar negeri, adanya pandemi membuat tren pariwisata berubah. Kini banyak orang ingin liburan yang aman tanpa bertemu banyak orang.
Bergesernya tren pariwisata dan liburan ini sebenarnya masuk akal, tujuannya jelas meminimalisir risiko penyebaran COVID-19. Salah satu solusi liburan aman bersama keluarga di era pandemi yang cukup populer saat ini adalah private picnic.
Apa Itu Private Picnic?
Sesuai dengan namanya, private picnic atau piknik pribadi adalah kegiatan liburan piknik eksklusif yang mengutamakan keamanan dan keintiman di era pandemi seperti saat ini.
Bisa dibilang, munculnya tren private picnic adalah salah satu layanan paket wisata khusus yang lebih aman, terlebih bersama keluarga. Sebab, dengan private picnic wisatawan hanya akan bertemu dengan orang-orang yang dikenal, sehingga potensi penularan virus dari wisatawan lain bisa dihindari.
Sekilas mungkin mirip staycation, namun antara private picnic dan staycation sebenarnya cukup berbeda. Staycation adalah berlibur dengan nyaman dan minim sentuhan dengan banyak orang di lingkungan hotel. Sedangkan private picnic adalah liburan di alam terbuka yang dinilai aman, baik untuk orang dewasa maupun saat mengajak anak-anak.
Bisa dibilang private picnic akan terasa menyenangkan dan lebih aman, karena kita menyiapkan segalanya dari rumah. Contohnya adalah menyiapkan makanan dari rumah, sehingga akan lebih bersih dan terjamin keamanannya, dibandingkan harus repot membeli di restoran.
Karena konsepnya private picnic, maka jangan heran jika areanya akan terasa sangat luas. Bahkan, tidak jarang jarak antara meja piknik dan tikar juga ditata cukup berjauhan satu sama lain, demi menjaga privasi setiap kelompok atau keluarga yang piknik.
Sebenarnya, kita tidak perlu bingung memilih tempat piknik. Pasalnya, di Indonesia ada banyak tempat yang layak untuk dijadikan private picnic, baik dari pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, bebas polusi, dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung lainnya.
Sebagai referensi, berikut beberapa tempat yang paling cocok untuk dijadikan destinasi private picnic  di Indonesia:
Ilustrasi private picnic sebuah keluarga di padang rumput.(Foto: Shutterstock/People Image Studio)
Piknik di Padang Rumput
Piknik identik dengan duduk di atas rumput hijau yang luas sambil menikmati bekal yang dibawa. Maka dari itu, private picnic di padang rumput adalah hal wajib yang harus dilakukan bersama keluarga.
Padang rumput yang luas dengan udara terbuka dan sejuk menjadi perpaduan private picnic yang nyaman. Bahkan, tidak jarang biasanya tempat piknik di padang rumput juga dikelilingi oleh pemandangan gunung atau hamparan bukit hijau yang luas.
Menariknya lagi, padang rumput termasuk tempat private picnic yang ramah anak. Banyak hal yang bisa dilakukan anak di sini, seperti bermain bola, berfoto, atau bahkan bersepeda. Di Indonesia, ada berbagai padang rumput luas asri yang cocok untuk dijadikan destinasi private picnic bersama keluarga. Misalnya di Bali, Kaliurang (Yogyakarta), atau Bandung.
Piknik di gunung
Panasnya udara beberapa hari ini membuat kita gerah, ingin mencari tempat berlibur yang sejuk? Berlibur dan piknik secara privat bersama keluarga di daerah pegunungan adalah pilihan tepat.
Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki tempat piknik di area pegunungan dengan udara sejuk, bersih, dan pastinya pemandangan indah yang tak berujung. Seperti contohnya ada di daerah Bandung.
Memiliki udara yang sejuk, tentu “kabur” dan private picnic di Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi, banyak tempat private picnic yang dilengkapi dengan fasilitas ramah anak, seperti taman bermain, berkuda, atau bahkan menikmati fasilitas memetik sayur dan buah sambil menikmati lukisan gunung yang menawan.
Piknik di pantai
Kata siapa piknik hanya cocok dilakukan di padang rumput dan daerah pegunungan? Pantai juga layak dijadikan sebagai destinasi private picnic yang cocok untuk liburan keluarga.
Hamparan pasir pantai yang lembut, tikar, dan payung besar menciptakan momen piknik keluarga yang tak terlupakan. Tidak hanya berjemur sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah, di pantai anak-anak juga bisa melakukan banyak kegiatan, seperti membuat istana dari pasir hingga bermain air di tepi pantai.
Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba snorkeling dan melakukan berbagai wahana yang ditawarkan di pantai. Beberapa destinasi private picnic di pantai yang bisa dicoba adalah Bali, Yogyakarta, hingga Lombok.
Itulah beberapa tempat private picnic bersama keluarga yang bisa dikunjungi. Selamat berpiknik!
Foto Cover: Ilustrasi private picnic sebuah keluarga di tepi pantai. (Shutterstock/Aedka Studio)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Desa Wisata Nglanggeran Jadi Wakil Indonesia pada Ajang Best Tourism Village UNWTO

rekomendasi berita

Desa Wisata Sangiran Menawarkan Situs Purbakala dan Wisata Sejarah yang Kental

rekomendasi berita

Pasar Seni Kakilangit Sajikan Kuliner Jadul Khas Yogyakarta