Beranda >> ragam pariwisata >> Melihat Persiapan World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika
banner foto

Melihat Persiapan World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika

Mandalika

1

22 Oktober 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
249
Mandalika, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat potensial. Tidak hanya memiliki pemandangan indah, adanya Sirkuit Mandalika yang bertaraf internasional menjadi nilai tambah dan daya tarik yang tak tertandingi dari salah satu Destinasi Super Prioritas tersebut.
Terlebih lagi, Sirkuit Mandalika akan menjadi tempat berlangsungnya ajang balap motor bergengsi, yang diawali dengan ajang World Superbike (WSBK) 2021, pada bulan November 2021. Kemudian dijadwalkan menggelar MotoGP 2022 mendatang.
“Persiapan World Superbike sudah hampir 100%. Tinggal menunggu bagian logistik yang juga akan selesai seluruhnya. Sebelumnya memang WSBK direncanakan pada 12 November 2021, tapi karena seluruh persiapan harus benar-benar matang, jadi harus diundur hingga pada 19 November 2021,” ungkap Noor Hadi, Tenaga Ahli Menteri Bidang Organisasi, Tata Laksana dan Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf.
Saat ini Sirkuit Mandalika sudah hampir 100% rampung, dari titik start hingga garis finish. Satu daya tarik dari sirkuit sepanjang 4.310 km dengan memiliki 17 tikungan ini adalah menawarkan pemandangan indah bagi seluruh rider yang akan berpacu di Sirkuit Mandalika.
Salah satu spot terbaik dari Sirkuit Mandalika terletak pada tikungan 10. Pasalnya, di tikungan 10 disebut-sebut sebagai “Tikungan Terindah”, yang akan memanjakan mata para rider karena menyuguhkan pemandangan lepas pantai dan area perbukitan hijau yang luas.
Tidak hanya mengandalkan pemandangan indah saja. Pembangunan lintasan di Sirkuit Mandalika juga mengedepankan standar mutu dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), atau dengan kategori sirkuit kelas A agar bisa digunakan dalam event Grand Prix.
Bahkan, proses pembuatan aspal di Sirkuit Mandalika sudah diperhitungkan dengan matang, dan menggunakan Stone Mastic Asphalt (SMA). Keunggulan aspal SMA adalah memiliki daya cengkram dengan roda yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver.
Keunggulan tersebutlah yang kemudian menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai sirkuit termulus pertama di Indonesia. Bahkan, lintasan utama Sirkuit Mandalika diklaim bisa ditempuh dengan kecepatan maksimal 310 km/jam, dan menjadi lintasan sirkuit tercepat.
Bukan hanya itu saja, berkat inovasi dan teknologi yang digunakan dalam setiap proses pembangunannya, Sirkuit Mandalika berhasil memperoleh 3 rekor MURI, yakni “Pengaspalan Menggunakan Teknologi BIM dan Volume Terbanyak”, “Pembangunan Sirkuit Pertama Standar FIM”, serta “Pembangunan Lintasan Sirkuit Tercepat”.
Selain itu, “Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, kami akan memastikan bawa WBS dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu yang akan kami lakukan adalah melakukan swab test dan PCR kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara WSBK ini. Fasilitas untuk karantina bagi para pembalap dan tamu undangan juga sudah dipersiapkan. Sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan, ketika para undangan ini tiba di bandara, akan kami langsung arahkan ke tempat karantina yang sudah dipersiapkan. Untuk masa karantina sendiri, sampai sekarang masih 5 hari, tapi kemungkinan juga bisa 3 hari kalau ada perubahan peraturan kedepannya,” sambung Noor Hadi lagi.
Sambil menunggu gelaran World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika, tidak ada salahnya kita melipir sejenak melihat pemandangan khas salah satu Destinasi Super Prioritas ini. Pasalnya, di sekitar Sirkuit Mandalika terdapat beberapa destinasi wisata unggulan yang siap memanjakan para pembalap yang akan beradu kecepatan. Berikut beberapa destinasi unggulan di sekitar Sirkuit Mandalika:
Lanskap pemandangan di kawasan pantai Tanjung Aan, Mandalika, Lombok. (Foto: Shutterstock/Hariadi Mahsyar)
Pantai Tanjung Aan
Keistimewaan dari Pantai Tanjung Aan adalah memiliki dua jenis pasir yang berbeda, yaitu pasir sehalus tepung dan pasir bertekstur seperti merica. Berlokasi di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Pantai Tanjung Aan hanya berjarak 4 km dari Sirkuit Mandalika. Aktivitas seru di Tanjung Aan adalah berenang, snorkeling, atau berselancar.
Pantai Kuta Mandalika
Berlokasi di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Pantai Kuta Mandalika dikenal sebagai pantai berpasir butiran seperti merica. Perpaduan air laut yang biru, pasir putih, dan banyak pepohonan rindang menjadi daya tarik pantai ini. Di sini wisatawan bisa bermain jetski, banana boat, atau sekadar menjelajahi ekosistem bawah laut. Jaraknya hanya 3 km dari Sirkuit Mandalika!
Bukit Merese
Hanya memakan waktu sekitar 20 menit dari Sirkuit Mandalika, Bukit Merese adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Sebab, dari atas Bukit Merese, kita bisa menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta, dan Pantai Seger secara langsung. Ditambah lagi, perjalanan ke puncak Bukit Merese juga mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit saja.
Wisata Kuliner di Mandalika
Selain berkunjung ke tempat wisata, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Mandalika yang lezat. Kuliner khas dan andalan di kawasan Mandalika antara lain sate bulayak, ayam taliwang, dan ayam rarang.
Sate bulayak terbuat dari daging sapi empuk dan telah dilumuri berbagai rempah khas yang lezat. Bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai dan dimasak dengan santan. Empuknya daging berpadu dengan bumbu sate mirip kari jelas nikmatnya.
Sedangkan ayam taliwang merupakan makanan khas Lombok yang wajib banget dicicipi. Olahan ayam kampung muda yang empuk, berpadu dengan bumbu rempah tradisional akan memberikan cita rasa lezat dan kuat.
Sementara ayam rarang adalah olahan ayam pedas yang sangat menggoda lidah, karena terbuat dari sambal goreng cabai rawit dan rempah-rempah khas. Ayam bakar yang disiram bumbu pedas berminyak bakal menari di lidah sejak gigitan pertama.
Foto Cover: Pertamina Mandalika International Street Circuit diambil dari udara. (Shutterstock/chairul manek ismail)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Desa Wisata Nglanggeran Jadi Wakil Indonesia pada Ajang Best Tourism Village UNWTO

rekomendasi berita

Desa Wisata Sangiran Menawarkan Situs Purbakala dan Wisata Sejarah yang Kental

rekomendasi berita

Pasar Seni Kakilangit Sajikan Kuliner Jadul Khas Yogyakarta