Penasaran sejarah Kemenparekraf? YukKlik Disini
Siaran Pers: Lima Rekomendasi Jajan Bali yang Dapat Dicicipi Delegasi GPDRR 2022 saat Fieldtrip

Siaran Pers: Lima Rekomendasi Jajan Bali yang Dapat Dicicipi Delegasi GPDRR 2022 saat Fieldtrip

0

SIARAN PERS 


KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF


Lima Rekomendasi Jajan Bali yang Dapat Dicicipi Delegasi GPDRR 2022 saat Fieldtrip


Dalam Upaya Kebangkitan Ekonomi dan Perluasan Peluang Lapangan Kerja


Bali, 28 Mei 2022 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memfasilitasi para delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 dalam program fieldtrip ke berbagai destinasi wisata di Bali. 

Tak hanya menikmati destinasi wisata di Bali yang indah, Kemenparekraf pun mengajak delegasi untuk berwisara kuliner mencicipi jajan Bali. 


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya menyampaikan bahwa kuliner Bali keunikan tersendiri serta rasa yang tak kelah enak dengan kuliner dari negara lain. 

“Para delegasi GPDRR diharapkan bisa merasakan pengalaman kuliner di Bali. Sebab kuliner di Bali memiliki sejarah di balik kehadiran suatu menu makanannya,” ujar Menparekraf Sandiaga. 


Berikut 5 rekomendasi jajanan Bali, yang dapat dicicipi oleh para delegasi GPDRR 2022;


Rujak Jeruk Bali


Rujak Jeruk Bali merupakan salah satu kuliner khas Bali. Kuliner ini terbuat dari olahan jeruk Bali yang disajikan bersama bumbu rujak. Rujak jeruk khas Bali memiliki rasa pedas, namun segar yang didapat dari jeruk Balinya.


Tipat Serombotan


Tipat Serombotan ini berisi tipat atau ketupat, dan sayuran yang disiram dengan bumbu sambal yang pedas menggigit. Sayuran dalam seporsi serombotab terdiri dari tauge, kangkung, pare, dan kacang panjang.


Jajan Bali atau Jaje Lukis


Camilan dari beras ketan yang dibentuk segitiga ini disebut sebagai jajan Bali atau jaje lukis. Kenyalnya ketan yang dikukus ini, disajikan juga dengan taburan parutan kelapa gurih, dan ditambahkan dengan lelehan manis dari gula merah.


Es Daluman


Es Daluman adalah minuman yang terbuat dari daun daluman yang merupakan tanaman khas Bali. Es daluman disajikan dengan santan dan gula jawa. Tak hanya menyegarkan, es daluman ini dinilai berkhasiat untuk tubuh, yaitu menurunkan tekanan darah serta sebagai bahan anti racun.


Bulung 


Bulung adalah jajanan khas Bali yang terbuat dari rumput laut hijau. Jajanan ini dihidangkan dengan bumbu yang terbuat dari kuah pindang. 


Terkenal akan rasanya yang lezat, bulung juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini karena bulung terbuat dari rumput laut sehingga dipercaya bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, penuaan dini, darah tinggi, dan kanker. 



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISabtu, 28 Mei 2022
334
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif