Pernyataan Resmi Terkait Wabah Virus Corona

Jumat, 7 Februari 2020

1

879

PERNYATAAN RESMI KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Terkait wabah virus corona yang telah dinyatakan oleh WHO sebagai krisis kesehatan global, Kemenparekraf turut prihatin terhadap situasi saat ini dan berharap agar kondisi ini segera pulih.

Hal ini tentu akan berdampak terhadap perekonomian global, terlebih terhadap pariwisata, karena Tiongkok merupakan penyumbang wisatawan terbanyak di dunia.

Bukan hanya wisatawan Tiongkok, meluasnya negara yang terjangkit virus corona juga dapat membuat wisatawan asal negara lain menunda kepergian.

Indonesia tentu juga tidak lepas dari dampak tersebut. Oleh karena itu, Kemenparekraf bersama dengan stakeholder pariwisata akan merumuskan berbagai langkah dan strategi agar sektor jasa dan industri pariwisata tetap tumbuh sebagai mesin penggerak ekonomi dan penyumbang utama devisa negara.

Selain merumuskan strategi promosi dan pemasaran untuk menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara dari berbagai negara pasar potensial, Kemenparekraf juga akan berupaya untuk menjadikan industri dan jasa pariwisata serta ekonomi kreatif dalam negeri sebagai perhatian utama yang akan menopang kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini.

Selain terus berupaya untuk menjaga kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kami tentu lebih mengutamakan aspek kesehatan, keselamatan, dan upaya melindungi segenap bangsa Indonesia.

Kami juga sangat menghargai segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Tiongkok dalam upaya pencegahan dan pemulihan terhadap wabah virus corona ini.

Segenap insan pariwisata bersama seluruh masyarakat Indonesia turut berdoa agar musibah ini cepat berakhir.

Narahubung :
Agustini Rahayu
Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
ayu@indonesia.travel